Warga Dusun Kondo Tolak Wilayahnya Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sabtu, 04 Februari 2017 - 18:24 WIB
Warga Dusun Kondo Tolak Wilayahnya Jadi Tempat Pembuangan Sampah
Warga Dusun Kondo Tolak Wilayahnya Jadi Tempat Pembuangan Sampah
A A A
TORAJA UTARA - Ribuan warga Dusun Kondo, Lembang Tondon Matallo, Kecamatan Tondo, menolak rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara membangun tempat pembuangan sampah sementara di sekitar tempat tinggal mereka.

"Kami masyarakat Dusun Kondo menolak keras, jika di sini dijadikan lokasi pembuangan sampah. Kasihan kami rakyat jelata akan terkena dampak kesehatan dari limbah sampah tersebut," kata Payung Silalong, tokoh masyarakat Dusun Kondo, Sabyu (4/2/2017).

Pemkab Toraja Utara berencana membangun tempat pembuangan sampah sementara di Dusun Kondo yang dihuni sekitar 1.620 warga. Rencana ini terkait mulai penuhnya tempat pembuangan sampah sementara di Lembang Tondon Langi.

Warga menolak karena lokasi tempat pembuangan sampah hanya berjarak kurang lebih hanya sekitar 10 meter dari permukiman warga. Hal ini dinilai sudah tidak sesuai dengan aturan yang ada dan mengancam kesehatan masyarakat.

Apalagi di sekitar lokasi terdapat bak besar penampungan air untuk warga. Dikhawatirkan pembangunan tempat pembuangan sampah sementara akan mencemari sumber air tersebut.

"Semestinya pemerintah melihat dampak yang diakibat dari sampah itu. Bukan mementingkan kepentingan sepihak saja. Intinya kami menolak dengan keras," tegas Payung Silalong.

Belum ada keterangan resmi dari Pemkab Toraja Utara terkait rencana pembangunan tempat pembuangan sampah sementara di Dusun Kondo. Warga Dusun Kondo melakukan penolakan dengan menulis larangan masuk ke dusun mereka di kertas karton putih yang dipasang di pohon depan dusunnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6608 seconds (0.1#10.140)