Jabar Siapkan Rp5 Miliar untuk Beasiswa Penghapal Alquran

Senin, 16 Januari 2017 - 11:09 WIB
Jabar Siapkan Rp5 Miliar untuk Beasiswa Penghapal Alquran
Jabar Siapkan Rp5 Miliar untuk Beasiswa Penghapal Alquran
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk beasiswa bagi siswa yang bisa menghafal minimal 15 juz Alquran. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi menuturkan, total anggaran untuk beasiswa yang disiapkan Pemprov mencapai Rp40 miliar.

Dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp5 miliar disiapkan untuk beasiswa bagi para calon mahasiswa yang hafal minimal 15 juz Alquran. Kemudian Rp5 miliar untuk para mahasiswa yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di Al-Azhar, Mesir; dan Rp30 miliar untuk para mahasiswa berprestasi yang masuk pada program Penghargaan Atlet Guru dan Tenaga Medis (PAGM).

"Jadi beasiswa ini untuk yang hafal 15 juz Al-Quran, terus siswa berprestasi yang masuk pada program PAGM, dan juga untuk mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Mesir," katanya, Senin (16/1/2017).

Ahmad Hadadi menuturkan, beasiswa yang dialokasikan Pemprov Jabar bisa digunakan untuk seluruh perguruan tinggi negeri di Jabar. "Semua yang di Jabar asalkan negeri, itu masuk dalam beasiswa kita," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryaā€ˇwan mengatakan, masuknya beasiswa bagi penghapal minimal setengah juz Alquran itu buka tanpa alasan. Dia yakin, orang yang bisa hapal Alquran merupakan orang pintar dan luar biasa. "Pasti dia punya kemampuan yang cerdas. Menghapal Alquran setengah juz saja susah. Apalagi 15 juz, makanya kita berikan jalur ini," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4712 seconds (0.1#10.140)