Rescue Perindo Jateng Gelar Fogging di Grobogan

Selasa, 06 Desember 2016 - 08:47 WIB
Rescue Perindo Jateng Gelar Fogging di Grobogan
Rescue Perindo Jateng Gelar Fogging di Grobogan
A A A
GROBOGAN - Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) melanda Desa Sugihan, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Rescue Perindo dengan sigap langsung melakukan fogging atau pengasapan karena bantuan dari puskesmas tak kunjung datang.

"Ada aduan warga bahwa mereka sudah mengajukan ke puskesmas.Tapi sudah dua bulan tidak ada realisasinya," ujar Ketua DPW Rescue Perindo Jawa Tengah Mochsin Anwar, Minggu (4/12/2016).

Warga akhirnya menghubungi Rescue Perindo untuk melakukan fogging di tempat tinggal mereka. Sebab, sudah ada delapan warga setempat yang terkena DBD dan harus dirawat di rumah sakit.

"Prosesnya hanya satu minggu sejak mereka menghubungi kita. Tim langsung turun karena kebetulan antreannya tidak banyak," tuturnya.

Rumah milik 560 kepala keluarga dari 14 RT di desa tersebut di-fogging. Kegiatan ini dilakukan rutin minimal dua kali dalam satu minggu. Tim Rescue Perindo akan berkeliling ke seluruh wilayah Jawa Tengah untuk membasmi nyamuk yang mematikan tersebut.

Setiap warga juga diberikan edukasi untuk melakukan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) sebagai upaya penanggulangan DBD. "Itu harus dilakukan oleh masyarakat agar korban tidak semakin banyak. Selain fogging, kami juga akan memberikan bubuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk."

Untuk menekan angka kematian dari korban DBD yang lamban dalam penanganan, Rescue Perindo Jawa Tengah akan membentuk tim di setiap kota/kabupaten. Setelah terbentuk, tim tersebut akan melakukan fogging di wilayahnya sendiri secara rutin.

"Ini penting agar para warga juga tidak terlalu menunggu untuk dilakukan fogging dari Rescue Perindo," katanya. (Nesya)
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3657 seconds (0.1#10.140)