Kapal Bermuatan Kontainer Tenggelam di Selat Malaka

Senin, 05 Desember 2016 - 19:52 WIB
Kapal Bermuatan Kontainer Tenggelam di Selat Malaka
Kapal Bermuatan Kontainer Tenggelam di Selat Malaka
A A A
BENGKALIS - Sebuah kapal bermuatan peti kemas (Kontainer) tenggelam di Selat Malaka antara perairan Indonesia dengan Malaysia. Sejumlah Kontainer jatuh ke laut.

Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo menjelaskan akibat insiden itu, kapal juga tenggelam.

"Beruntung tidak ada koban jiwa dalam musibah kecelakaan laut tersebut," sebut Guntur Aryo Tejo, Senin (5/12/2016).

Kapal Low Kim Chuan berlayar dari Port Klang, Malaysia dengan tujuan Kabupaten Bengkalis, Riau.

Namun saat pukul 06.15 WIB tepatnya di wilayah perbatas Indonesia-Malaysia, kapal Low Kim Chuan yang kapal tongkang yang berisi kontainer miring.

Saat itu kapten kapal beserta anak buah kapal (ABK) Low Kim Chuan langsung memeriksa kapal tongkang yang ada di belakang.

Saat itu mereka melihat tali pengikat kontainer putus. Tidak lama beberapa kontainer berisi Voith paper (seperti komponen pembuat kertas) jatuh ke laut. Kemudian kapal terlihat mulai oleng.

Melihat kondisi itu, kapten kapalpun merubah haluan mengikut arah arus. Tujuan terdekat mereka adalah Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.

"Namun karena kondisi sudah semakin parah kapal semakin oleng. Sampai Selat Morong kapal dihantam ombak dan tenggelam," ucapnya.

Kapal tersebut membawa 95 buah kontainer dimana 60 buah hilang dan 35 berhasil diselamatkan. Sementara para penumpang dan kapten kapal berhasil selamat setelah mendapat pertolangan dari tim SAR dan masyarakat.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1598 seconds (0.1#10.140)