Aher Minta Ridwan Kamil Membentuk BPBD

Senin, 24 Oktober 2016 - 21:54 WIB
Aher Minta Ridwan Kamil Membentuk BPBD
Aher Minta Ridwan Kamil Membentuk BPBD
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil segera membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sebab hingga kini Kota Bandung belum memiliki BPBD meski bencana siap mengintai kapan saja.

"Seharusnya ada BPBD. Tentu kita minta Pemkot Bandung segera membentuk BPBD," kata Aher di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Senin (24/10/2016) malam.

Dengan dibentuknya BPBD, mitigasi bencana akan lebih terencana. Sehingga, segala kemungkinan buruk bisa diantisipasi lebih awal.

Selain itu, proses penanggulangan bencana juga akan lebih responsif dan terintegrasi. Alur komunikasi dan penanganan di lapangan pun akan lebih terstruktur.

"Mudah-mudahan di SOTK (Struktur Organisasi Tata Kerja) baru Kota Bandung itu nanti ada BPBD. Yang menentukan tanggap darurat dan lain-lain itu BPBD," jelas Aher.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sejauh ini tidak adanya BPBD menjadi hambatan tersendiri dalam penanganan di lokasi bencana. Hal itu berkaca pada kasus banjir yang terjadi siang tadi di Kota Bandung.

"Pemerintah Kota Bandung belum membentuk BPBD hingga saat ini, sehingga penanganan darurat di lapangan terhambat. Pemkot Bandung belum ada rencana membentuk BPBD karena masih bisa ditangani Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran. Namun saat terjadi bencana alam seperti saat ini, fungsi komando menjadi sulit dilaksanakan," kata Sutopo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7488 seconds (0.1#10.140)