Ada Kekuatan Besar Dibalik Rusaknya Lingkungan Pangandaran

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 16:05 WIB
Ada Kekuatan Besar Dibalik...
Ada Kekuatan Besar Dibalik Rusaknya Lingkungan Pangandaran
A A A
PANGANDARAN - Rangkaian bencana alam hujan,longsor dan angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Pangandaran disinyalir dampak dari rusaknya alam dan lingkungan.

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Pangandaran Suryadarma mengatakan, bencana alam yang terjadi di sinyalir disebabkan menurunya kualitas dan kuantitas lingkungan hidup baik di hulu maupun dan hilir.

"Salah satu hutan yang rusak terletak di Gunung Porang dan Gunung Kendeng yang berlokasi di Kecamatan Cigugur dan Kecamatan Langkaplancar," kata Suryadarma.

Masih dikatakan Suryadarma, di gunung tersebut sekarang tidak lagi ada kayu rimba, karena sudah habis di tebang dan digantikan tanaman jenis lain seperti albasiah, pala dan kopi.

"Pohon di kemiringan 45 derajat saja sudah habis ditebang apalagi di tempat yang datar," tambahnya.

Surya menjelaskan, dibalik kerusakan lingkungan yang terjadi ada kekuatan besar di belakang perusak lingkungan, hal itu terjadi lantaran didorong kebutuhan yang mendesak dan dorongan bisnis.

"Sementara kerusakan lingkungan di dataran rendah terjadi karena adanya penyempitan kawasan aliran air, hal itu disebabkan banyak munculanya bangunan di tepian sungai dan harim laut," papar Suryadarma.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38/2011 tentang Sungai, untuk sungai tidak bertanggul kawasan perkotaan berjarak minimal enam meter dari pinggir sungai.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0104 seconds (0.1#10.140)