Puluhan Hektare Hutan Pinus di Gunung Gayo Terbakar

Selasa, 04 Oktober 2016 - 11:43 WIB
Puluhan Hektare Hutan Pinus di Gunung Gayo Terbakar
Puluhan Hektare Hutan Pinus di Gunung Gayo Terbakar
A A A
ACEH TENGAH - Kebakaran di Bur Gayo atau Gunung Gayo di Kecamatan Laut Tawar, Kota Takengon, Aceh Tengah, menghanguskan puluhan hektare hutan pinus. Kebakaran terjadi sejak Senin (3/10/2016) siang.

Hingga Selasa (4/10/2016) dini hari, kobaran api yang menjalar di kawasan hutan tersebut belum berhasil dipadamkan. Kondisi semak belukar di kawasan tersebut yang kering akibat musim kemarau ditambah embusan angin kencang menyebabkan api dengan mudah menjalar.

Petugas gabungan dari Dinas Kebakaran dan Dinas Kehutanan Aceh Tengah yang turun ke lokasi kebakaran tak dapat berbuat banyak karena sulitnya medan dengan struktur tanah yang terjal dan curam. Mobil pemadam kebakaran pun tidak bisa masuk ke kawasan hutan yang terbakar.

Kepala UPTD Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Tengah Harun mengatakan, sedikitnya ada empat titik kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Aceh Tengah. Namun, lokasi terparah di Bur Gayo.

Untuk mengantisipasi agar kebakaran tidak menjalar ke kawasan permukiman penduduk, petugas gabungan Dinas Kehutanan dan Dinas Kebakaran Kabupaten Aceh Tengah, sampai dini hari tadi masih terus bersiaga di beberapa titik di kawasan terjadinya kebakaran hutan tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8625 seconds (0.1#10.140)