Puluhan Senjata Api Suku Pedalaman Dimusnahkan

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 22:18 WIB
Puluhan Senjata Api...
Puluhan Senjata Api Suku Pedalaman Dimusnahkan
A A A
PEKANBARU - Sebanyak 73 senjata api suku anak dalam Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau dimusnahkan. Senjata api itu merupakan sitaan dalam beberapa hari belakangan ini.

Pemusnahan ini dilakukan di depan Kantor Polsek Batang Cinaku, Sabtu (13/8/2016). Pemusnahan ini dipimpin Kapolda Riau Brigjen Suprianto.

"Kami berterima kasih atas kesediaan suku anak dalam yang dengan suka rela mau menyerahkan senjata api kepada pihak berwajib," kata Suprianto di sela-sela pemusnahkan.

Selain suku anak dalam, suku Kubu yang selama ini tinggal perbatasan Riau dengan Jambi. Senjata api rakitan yang dimusnahkan bernama gobok. Senjata laras panjang yang dimusnahkan tersebut selama ini digunakan untuk berburu di hutan.

"Selama ini banyak suku anak dalam menggunakan senjata api itu mencari makan seperti berburu babi," ucap Syahril salah seorang tokoh masyarakat di Batang Cinaku.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh puluhan suku anak dalam dan tokoh masyarakat. Pemusnahan senjata api ini dilakukan dengan menggunakan mesin pemotong.

"Selama ini kami tidak tahu kalau senjata gobok dilarang," ucap Udin salah seorang warga.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)