Anugerah KDI Penting untuk Memacu Inovasi Pembangunan di Daerah

Kamis, 11 Agustus 2016 - 21:40 WIB
Anugerah KDI Penting untuk Memacu Inovasi Pembangunan di Daerah
Anugerah KDI Penting untuk Memacu Inovasi Pembangunan di Daerah
A A A
BANDUNG - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengemukakan, anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2016 merupakan penghargaan luar biasa. Dari 548 kepala daerah yang ada, baru 35 yang diberikan penghargaan pada tahun ini.

"Dalam hitungan saya, kurang dari 7% kepala daerah yang ada yang diberi penghargaan malam ini," ujarnya dalam Malam Anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2016 yang berlangsung di Intercontinental Hotel Bandung, Kamis (11/8/2016) malam.

Menurut HT, penghargaan ini penting untuk memacu dan meningkatkan peranan kepala daerah dalam membangun daerah yang akan bermanfaat bagi ekonomi nasional.

"Permasalahan di banyak daerah yang sangat mencolok adalah kesenjangan sosial. Kita lihat tax ratio kita baru sekitar 12%," sambungnya.

Dia melanjutkan, kesenjangan daerah juga terlihat dari pembangunan-pembangunan standar menengah hingga internasional hanya di kota besar.

"Penghargaan ini bisa memotivasi para kepala daerah supaya membuat inovasi lagi dan mempercepat pembangunan di daerah yang akan berpengaruh besar kepada pembangunan nasional," tutur HT.

Untuk itu, kata dia, Indonesia yang merupakan negara paling sedikit rasio jumlah pengusahanya yang kurang dari 1%, butuh lebih ditingkatkan lagi jumlahnya.

"Tidak hanya jumlahnya, kita juga butuh pengusaha produktif yang bisa membuka lowongan kerja dan akan meningkatkan tax ratio yang bisa mendongkrak percepatan pembangunan," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6577 seconds (0.1#10.140)