Pantau Pengaduan Masyarakat via Medsos

Kamis, 21 Juli 2016 - 07:54 WIB
Pantau Pengaduan Masyarakat via Medsos
Pantau Pengaduan Masyarakat via Medsos
A A A
SEMARANG - Seiring perkembangan zaman, kepolisian dituntut cepat, termasuk dalam fungsi pelayanan masyarakat. Media sosial (medsos) pun bisa jadi sarana efektif untuk ini.

Setidaknya itulah yang dilakukan Bripda Aulia Kanya Wasista (19), anggota Subbagian Humas Bagian Operasi Polrestabes Semarang. Di bawah bimbingan Kepala Subbagian Humas Kompol Suwarna, Uli, sapaan akrabnya mengelola itu.

Uli memanfaatkan medsos Instagram, Facebook, hingga layanan BlackBerry Messenger (BBM). Saat ini, diakui Uli, Instagram yang paling aktif. Akun itu dikelolanya.

"Masyarakat bisa mention Instagram di akun @humasrestabessmg. Di akun itu, masyarakat bisa memberikan info ataupun melaporkan jika terjadi tindak pidana," ungkap Uli saat berbincang dengan KORAN SINDO di Mapolrestabes Semarang.

Dia mencontohkan, pada 27 Juni 2016 lalu ada insiden pencurian di Jalan Surtikanti Utara, masyarakat menginformasikan ke akun itu. Informasi itu kemudian diteruskan Uli ke Kasubbag Humas Kompol Suwarna untuk dikoordinasikan dengan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang dan Satuan Reserse Kriminal.

"Jadi kami bisa merespons cepat apa laporan masyarakat. Sengaja pilih medsos, karena sekarang hampir semua masyarakat menggunakan medsos, lebih cepat," lanjut gadis yang berulang tahun tiap 12 Maret itu.

Soal pekerjaan di fungsi humas, Uli yang juga penyuka novel, mengatakan sangat menikmatinya. Mau tak mau, Uli harus berkutat dengan dunia jurnalistik, termasuk meliput maupun memotret. Meski tak punya dasar khusus, Uli melakoni dengan baik dan tentu saja terus belajar.

"Salah satunya ya dari baca-baca koran, kebetulan saya dari kecil juga suka baca koran. Belajar juga dari wartawan," kata Uli.

Soal prestasi, Uli pun cemerlang. Saat seleksi masuk anggota polisi, Uli menyabet peringkat sembilan alias masuk sepuluh besar dari 190 calon polwan.

Uli tercatat mengikuti pendidikan polwan di Ciputat Jakarta pada Agustus 2015 hingga Februari 2016. Uli merupakan alumni SMAN 4 Semarang.

Uli akan melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi, kuliah Jurusan Psikologi Universitas Semarang (USM). Dia akan kuliah mulai September mendatang, mengambil kuliah sore.

"Saya memilih Jurusan Psikologi karena memang tertarik dengan kejiwaan," tutupnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5435 seconds (0.1#10.140)