Pemugaran Candi Palgading, Jadi Daya Tarik Pemudik

Rabu, 13 Juli 2016 - 05:59 WIB
Pemugaran Candi Palgading, Jadi Daya Tarik Pemudik
Pemugaran Candi Palgading, Jadi Daya Tarik Pemudik
A A A
SLEMAN - Pemugaran Candi Palgading di Kecamatan Ngaglik, Sleman menjadi salah satu pilihan tempat wisata para pemudik. Karena keunikannya yang memang tak bisa ditemui di daerah lain.

"Unik, selama ini hanya lihat di tivi saja. Dulu lihat, hanya perbaikan di kompleks Candi Prambanan," kata salah satu pengunjung, Retno (33) pemudik dari Jakarta.

Tinggal di tempat saudaranya yang ada di Yogyakarta selama beberapa hari ini, tak ada rencana untuk pergi ke tempat wisata. "Hanya di pemugaran candi ini. Kalau mau main ke candi-candi lain, tidak," tuturnya.

Hal yang sama juga dikatakan Ganjar (48) asal Bekasi yang mudik ke Gunungkidul. Cukup unik, zaman dulu menyatukan batu tanpa menggunakan semen.

"Tidak memakai semen. Batu-batunya meski sudah cukup lama, juga masih banyak yang utuh," katanya.Candi Palgading yang merupakan situs candi Budha ini memang baru dalam proses pemugaran.

Didirikan seperti pada bangunan awal oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

Pihak BPCB Yogyakarta pun sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin melihat prosesnya. Yang memang baru akan selesai pada Oktober mendatang.

"Kami memang sangat berharap agar masyarakat ikut mengawasinya," kata Ketua Tim Pemugatan, Indung Panca Putra, dari BPCB Yogyakarta.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)