Bandara Abdul Rachman Saleh Kembali Beroperasi

Selasa, 12 Juli 2016 - 10:38 WIB
Bandara Abdul Rachman Saleh Kembali Beroperasi
Bandara Abdul Rachman Saleh Kembali Beroperasi
A A A
JAKARTA - Sesuai Notam nomor C3764/16, Bandar Udara Abdul Rachman Saleh di Malang, Jawa Timur, telah beroperasi kembali sejak Selasa (12/7/2016) pukul 08.40 WIB.

"Penerbangan dari dan ke Malang telah normal kembali. Hal ini disebabkan tidak ada gangguan abu vulkanik dari erupsi Gunung Bromo. Arah angin ke Barat Daya-Selatan menyebabkan abu vulkanik tidak mengarah ke bandara dan sekitarnya," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Selasa (12/7/2016).

Sementara itu, berdasarkan pantauan Pos Pengamatan Gunung Bromo PVMBG, secara visual Gunung Bromo pada pukul 07.00 WIB, cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 9-20°C. Gunung Bromo jelas-kabut. Asap kawah teramati kelabu kecokelatan sedang-tebal, tekanan sedang-kuat, tinggi asap berkisar 300-800 meter dari puncak kawah ke arah barat daya-selatan.

Seismisitas menunjukkan kenaikan dibandingkan kemarin. Tremor amplitudo maksimum 2-21mm dominan 3 mm. "Belum ada tanda-tanda akan terjadi terjadi erupsi yang lebih besar. Status masih Waspada (level II)," kata Sutopo.

Rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dalam status Waspada masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan menaati semua rekomendasi saat berada di sekitar Gunung Bromo," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1258 seconds (0.1#10.140)