Banjir Terjang Sinjai

Jum'at, 17 Juni 2016 - 14:24 WIB
Banjir Terjang Sinjai
Banjir Terjang Sinjai
A A A
SINJAI - Hujan yang mengguyur beberapa tempat di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, dalam dua hari terakhir ditambah meluapnya Sungai Mangottong menyebabkan banjir hampir di seluruh tempat di Sinjai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai Junaidil mengatakan penyebab utama banjir karena hujan lebat di daerah Sinjai Tengah dan Sinjai Barat.

Namun, pada saat bersamaan terjadi pasang tinggi sehingga aliran air meluap dan menggenang dataran yang ada di sekitarnya.

"Yang tergenang itu di wilayah kota dan di sekitar Desa Sinjai, ini karena saat debit air meluap dari hulu Sungai Mangottong posisi air laut juga pasang, sehingga air sungai meluber ke sisinya, tapi ini tidak akan berlangsung lama dan akan surut pada saat keadaan normal kembali," kata Junaidil, Jumat (17/6/2016).

Areal persawahan di daerah timur Sinjai juga tergenang air. Namun, genangan air tersebut belum sampai merusak areal persawahan.

Selain banjir akibat hujan deras itu, kata Junaidil, juga terjadi banjir di Desa Tunrengtellue, Kecamatan Sinjai Tengah, walau tidak menimbulkan korban jiwa namun satu rumah terkena dampak longsor di lokasi tersebut.

Salah seorang warga di Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Firna mengatakan hujan deras terjadi sejak semalaman kemarin, saat ini empang dan jalan di depan rumahnya tergenang air dengan merata.

"Sekarang masih hujan, sungai meluap, sementara empang sudah tidak dilihat lagi pembatas empangnya karena rata dengan air, ketinggian air di beberapa tempat sudah setinggi paha orang dewasa," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4537 seconds (0.1#10.140)