Pantai Anyer Jadi Lokasi Pemantauan Hilal di Banten

Minggu, 05 Juni 2016 - 16:55 WIB
Pantai Anyer Jadi Lokasi Pemantauan Hilal di Banten
Pantai Anyer Jadi Lokasi Pemantauan Hilal di Banten
A A A
ANYER - Kantor Kementerian Agama Wilayah (Kanwil) Banten bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan pemantauan hilal di kawasan Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten. "Sore ini, bersama sama dengan organisasi islam akan melakukan pemantuan hilal di Puri Retno Anyer, mulai jam 17.00 WIB," kata Ketua MUI Banten, KH AM Romly, Minggu (5/6/2016).

Dia menjelaskan, hasilnya dari pemantuan hilal untuk mengetahui 1 Ramadhan, akan dipergunakan sebagai bahan dalam menentukan awal Ramadhan 1437 hijriah dalam sidang Isbat 2016 yang berlangsung di kantor Kemenag, Jakarta.

"Rukyat oleh Kanwil Kemenag, Badan Tekhnologi Nasional (BTN) dan melibatkan PTA (Perguruan Tinggi Agama) ,Ormas Islam, termasuk MUI (mengirim utusan)," jelasnya.

Pantai Anyer menjadi lokasi yang cocok untuk memantau hilal, pemantauan tersebut menjadi lokasi satu satunya yang ada di Provinsi Banten.

Perlu diketahui bahwa Kementrian Agama (Kemenag) akan melakukan pemantauan hilal di berbagai titik sebelum melangsungkan Sidang Isbat guna menentukan awal Ramadhan 1437 Hijriah yang akan berlangsung pada Minggu 05 Juni 2016.

Sidang isbat dilakukan setelah salat Maghrib akan diawali dengan laporan dari sejumlah petugas Kementerian Agama yang ditugaskan di beberapa titik tertentu untuk melihat hilal.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6362 seconds (0.1#10.140)