PKPU Ciptakan Masyarakat Indonesia yang Mandiri dengan Program Klaster Berdaya

Rabu, 25 Mei 2016 - 17:12 WIB
PKPU Ciptakan Masyarakat Indonesia yang Mandiri dengan Program Klaster Berdaya
PKPU Ciptakan Masyarakat Indonesia yang Mandiri dengan Program Klaster Berdaya
A A A
BANJARNEGARA - Dalam upaya meningkatkan derajat kualitas hidup dan kemandirian masyarakat Indonesia, tidak hanya diperlukan program pemberdayaan yang dapat diterapkan di masyarakat saja, namun juga dapat berkelanjutan (sustainable empowerment).

Karena itu, sebagai lembaga kemanusiaan nasional yang mempunyai perhatian terhadap pemberdayaan komunitas yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu, pengungsi, dan penyintas bencana, PKPU mengusung konsep Klaster Berdaya sebagai program unggulannya.

Klaster Berdaya merupakan sejumlah program pemberdayaan yang diterapkan pada tingkat individu, keluarga maupun lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan. Klaster Berdaya terdiri atas tiga pilar, yaitu Kampung Berdaya, Keluarga Berdaya, dan Pemuda Berdaya.

PKPU merupakan lembaga kemanusiaan yang telah diakui oleh Kementerian Sosial melalui SK Mensos No.08/HUK/2010 sebagai Organisasi Sosial Nasional (ORSOSNAS) dan telah teregistrasi sebagai NGO in Special Consultative Status with the Economic and Social Council at the United Nations pada bulan Agustus 2008.

Karena itu, dalam program Klaster Berdaya ini PKPU juga bertujuan untuk turut membantu pemerintah demi tercapainya SDG’s (Sustainable Development Goals) di Indonesia.

Klaster Berdaya dalam pelaksanaannya akan menyentuh pembangunan sumber daya masyarakat dari mulai anak-anak, remaja/pemuda, ibu-ibu rumah tangga, serta dewasa produktif.

Klaster Berdaya hadir dengan sejumlah program pemberdayaan yang diterapkan dari berbagai aspek, pendidikan, lingkungan, ekonomi dan kemasyarakatan pada tingkat individu, keluarga, maupun lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Klaster Berdaya PKPU dilaksanakan di 15 Kabupaten/Kota di Indonesia yakni di Kabupaten Aceh Besar, Kota Pekanbaru, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Klaten, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kota Balikpapan, Kabupaten Jeneponto, dan Kota Kupang.

Grand launching Klaster Berdaya dilaksanakan di lima kabupaten/kota yakni di Medan, Sumatera Utara; Majalengka, Jawa Barat; Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah; Pekanbaru, Riau; dan Banjarnegara, Jawa Timur.

Di Jawa Tengah, tujuan dari Klaster berdaya yang akan dijalankan di Desa Karang Tengah, Banjarnegara, adalah untuk membantu mewujudkan kemandirian masyarakat di berbagai aspek, khususnya dalam menghadapi bencana alam.

Grand Launching Klaster Berdaya di Banjarnegara akan dilaksanakan pada hari Kamis (26/5/2016) dengan mengundang Direksi PKPU, Bupati Banjarnegara, SKPD terkait, tokoh masyarakat setempat, dan masyarakat sekitar.

Acara ini akan dibuka dengan hiburan seni daerah Banjarnegara, kemudian dilanjutkan dengan keynote speech dari Bupati Banjarnegara.

Pada acara ini juga akan dilaksanakan diskusi panel dengan tema "Bersama Membangun Kemandirian Masyarakat" dengan pemateri antara lain dari PKPU, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen dukungan terhadap Program Klaster Berdaya. (Abhy/Putri/PKPU)
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)