Anies Baswedan Ziarah ke Makam Ki Hadjar Dewantara

Kamis, 19 Mei 2016 - 10:01 WIB
Anies Baswedan Ziarah ke Makam Ki Hadjar Dewantara
Anies Baswedan Ziarah ke Makam Ki Hadjar Dewantara
A A A
YOGYAKARTA - Ki Hadjar Dewantara merupakan sosok pahlawan nasional, pelopor dunia pendidikan di Tanah Air. Bahkan, konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara tak luntur ditelan bumi.

"Sudahkah kita ikuti prinsip-prinsip dasar pemikiran yang dituangkan Ki Hadjar," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, usai melakukan ziarah ke makam Ki Hadjar Dewantara, di Taman Wijaya Brata, Yogyakarta, Kamis (19/5/2016).

Konsep pemikiran Ki Hadjar, kata Anies, diadopsi beberapa negara lain dalam dunia pendidikan. Tak heran, Anies juga menerapkan konsep pendidikan yang sama untuk mencetak generasi yang handal.

"Beliau menerapkan konsep pemikiran Barat dengan memadukan prinsip budaya setempat. Tut Wuri Handayani itu memberi inspirasi agar kita sebagai pemimpin memberi contoh yang baik," katanya.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menabur bunga di pusaran makam Ki Hadjar dan Nyi Hadjar. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji Rektor UST Yogykarta Pardimin, serta pimpinan Majelis Luhur Taman Siswa turut mendampinginya.

Setelah melakukan ziarah, Anies menuju ke Pendopo Taman Siswa, di Jalan Taman Siswa No 5 Yogyakarta. Di situ, digelar Puncak Perayaan Gebyar Pendidikan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)