Ini Kronologi Kerusuhan di Lapas Banceuy Bandung

Sabtu, 23 April 2016 - 12:27 WIB
Ini Kronologi Kerusuhan di Lapas Banceuy Bandung
Ini Kronologi Kerusuhan di Lapas Banceuy Bandung
A A A
BANDUNG - Kerusuhunan terjadi di Lapas Banceuy Bandung, Jawa Barat pagi tadi. Kerusuhan yang berujung terbakarnya gedung dan kendaraan di lapas, diduga karena kematian seorang napi kasus narkoba.

Kronologi kejadian, pagi tadi berlangsung apel pagi di Lapas Banceuy. Usai apel, napi menyerbu bagian depan lapas minta dibukakan pintu, namun petugas tidak menuruti kemauan mereka.

"Jam 08.00 WIB napi keluar sel. Sempat rusuh dan beradu dengan petugas lapas," terang Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Jodie Rooseto di lokasi kejadian, Sabtu (23/4/2016).

Sekira pukul 08.15 WIB, kerusuhan pecah dan terlihat percikan api di lapas hingga terjadi kebakaran. Kebakaran ini menyebabkan sejumlah gedung dan sejumlah kendaraan terbakar.

Pukul 08.55 WIB, pasukan Brimob Polda Jabar berhasil memukul mundur napi ke dalam sel, setelah menembakkan gas air mata. Saat itu, pemadam juga berjibaku memadamkan api. Api benar-benar padam sekira pukul 10.00 WIB.

"Total personel gabungan TNI-Polri yang turun ada 1.000 personel. Brimob dua kompi," tambah Irjen Jodie.

Aksi para napi dipicu kematian seorang napi bernama Udang Kosim. Napi kasus narkoba itu ditemukan tewas menggantung di ruang isolasi oleh sipir, sekira pukul 00.15 WIB tadi.

"Aksi napi ini didasari aksi solidaritas, karena temannya bunuh diri. Napi beranggapan, pemindahan napi tersebut ke ruang isolasi, membuat napi itu frustasi hingga bunuh diri," terang Kapolda.

Sementara alasan petugas lapas memindahkan Udang Kosim ke ruang isolasi, karena napi kasus narkoba tersebut berbuat kesalahan. Kosim sudah menjalani hukuman selama tiga tahun, dari vonis empat yang dijatuhkan hakim.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4966 seconds (0.1#10.140)