Rizal Ramli: Candi Borobudur Bakal Ditata Kembali

Kamis, 21 April 2016 - 16:02 WIB
Rizal Ramli: Candi Borobudur Bakal Ditata Kembali
Rizal Ramli: Candi Borobudur Bakal Ditata Kembali
A A A
DENPASAR - Pemerintah pusat akan menata Candi Borobudur di Magelang, karena kondisi sekarang terlau padat sehingga perlu dirapikan. Namun untuk penataan warga di sekitar kompleks candi akan digusur atau pindahkan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan, penataan tersebut akan segera dilakukan. “Saat ini kami mendapatkan lahan seluas 5 ribu hektare di kaki Bukit Manoreh dari Menteri Kehutanan. Lokasinya itu tiga jam dari Borobudur,” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Tahun 2016 Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) di Nusa Dua, Badung, Kamis (21/4/2016).

Menurut Rizal Ramli, ada dua hal yang menjadi kompensasi bagi warga di sekitar Borobudur yang akan dipindahkan ke kaki Bukit Manoreh. Pertama, rakyat yang dipindahkan harus dapat tanah dua kali dari yang mereka miliki sebelumnya.

“Kalau dulunya punya tanah 1 hektare begitu dipindah dapat 2 hektare. Kedua, kami akan berikan saham secara kolektif kepada rakyat yang dipindahkan 3%, supaya mereka merasa memiliki dan mereka menjaga tempat itu," timpalnya.

Rizal juga menyatakan, akan mempercepat Pembangunan Bandara di Kulonprogo. Tidak hanya itu saja pihaknya juga akan kembangkan cruise ship.

“Ketika kapal-kapal itu ke Semarang, wisatawan yang datang ke Borobudur aksesnya lebih cepat,” pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5834 seconds (0.1#10.140)