Kelompok Santoso Mulai Lemah karena Dikepung Raider dan Brimob

Selasa, 19 April 2016 - 17:23 WIB
Kelompok Santoso Mulai Lemah karena Dikepung Raider dan Brimob
Kelompok Santoso Mulai Lemah karena Dikepung Raider dan Brimob
A A A
POSO - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Tito Karnavian mengatakan, Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso mulai melemah.

"Mereka melemah, menjadi melemah. Kita lihat jumlahnya dari semula 41 sekarang tinggal 27," ujar Tito di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2016).

Tito menilai, lemahnya kelompok Santoso setelah pemerintah menggelar Operasi Gabungan Tinombala yang terdiri dari beberapa pasukan elite TNI Polri mulai Kopassus, Denjaka, Raider dan Brimob. Menurutnya, Operasi Tinombala efektif membuat kelompok Santoso putus asa.

"Jadi jalur logistik mereka menjadi berkurang, menjadi hilang, kelaparan mereka, kemudian jalur informasi mereka menjadi berkurang otomatis mereka buta info di luar," timpalnya.

Menurut Tito, Operasi Tinombala yang dilakukan Polri-TNI saat ini dinilai efektif dalam melakukan pengejaran terhadap kelompok Santoso.

"Sehingga terjadi beberapa kali kontak tembak sehingga dalam waktu dua bulan terakhir ada 14 orang yang berhasil diamankan, baik ada yang meninggal tertembak maupun ada yang selamat hidup," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6054 seconds (0.1#10.140)