Gusti Yuda Menolak Dicalonkan Jadi Wali Kota Yogyakarta

Rabu, 06 April 2016 - 15:04 WIB
Gusti Yuda Menolak Dicalonkan Jadi Wali Kota Yogyakarta
Gusti Yuda Menolak Dicalonkan Jadi Wali Kota Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudaningrat atau Gusti Yuda tidak bersedia dicalonkan sebagai Wali Kota Yogyakarta pada tahun 2017.

Banyak alasan kenapa adik tiri Sri Sultan Hamengku Buwono X ini ogah menerima pinangan Partai Golkar yang mewacanakan mengusung dirinya.

"Emoh, enggak punya duit saya," kata Gusti Yuda kepada wartawan, Rabu (6/4/2016).

Kepala Satpol PP DIY itu juga mengaku sudah membaca pernyataan tegas Sultan di media terkait larangan keluarga keraton mencalonkan diri dalam pilkada serentak tahun 2017.

Gusti Yuda melihat, permintaan Sultan kepada keluarganya agar tidak mencalonkan sebagai bupati atau wali kota karena terlalu dekat dengan gubernur. Sultan mendapat amanah sebagai Gubernur DIY karena mandat dalam UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY.

Gusti Yuda menilai, ancaman Sultan melanggar HAM. Sebab, seseorang bebas menentukan langkah politik sesuai dengan keinginannya, kecuali sudah diatur dalam undang-undang. (Baca juga: Keluarga Keraton Yogyakarta Tak Akan Maju Dalam Pilkada).

"Mungkin yang dipikirkan hanya jeleknya saja, padahal sebetulnya kan bisa saling mendukung," terangnya.

Gusti Yuda juga menceritakan pernah maju dalam Pilkada Bantul tahun 2005. Saat itu, Sultan tidak merestuinya, meski sudah terdaftar. Akhirnya, kala itu dia kalah dengan kandidat, yakni Idham Samawi, yang kini melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI.

"Sudah mau kampanye dulu, terus diminta Mas Joyo (almarhum GBPH Joyokusumo) untuk minta restu Ngarsodalem, tidak direstui," katanya.

Gusti Yuda tidak memiliki hasrat untuk menjadi kepala daerah tingkat dua. Apalagi, saat ini banyak calon potensial serta kreatif, selain dirinya. "Mbok yang muda kan banyak sekarang, calon-calon yang kreatif," katanya.

Dia mengaku tengah mempersiapkan pensiun dari PNS. Sebab, dia akan memasuki pensiun tahun depan. "Mau buka salon saja saya," katanya dengan nada canda.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5785 seconds (0.1#10.140)