Hingga Malam Ini Nias Masih Gelap

Sabtu, 02 April 2016 - 21:36 WIB
Hingga Malam Ini Nias Masih Gelap
Hingga Malam Ini Nias Masih Gelap
A A A
NIAS - Hingga Sabtu (2/4/2016) malam ini, arus listrik di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, masih padam. Suasana di rumah-rumah warga tampak gelap gulita dan hanya diterangi dengan lilin.

Pemadaman listrik ini sudah berlangsung lebih dari 24 jam, disebabkan kerja sama PLN dengan PLTD yang ada di Gunungsitoli telah putus kontrak sejak 25 Maret 2016.

"Sampai saat ini kami tidak dapat mengolah makanan ternak peliharaan kami karena arus listrik yang padam dari semalam, dan juga ayam potong
yang kami ternak menjadi mati karena pemadaman," ujar Ina Iwan, salah seorang warga Kota Gunungsitoli.

Sementara itu, Humas PLN Regional Wilayah I Sumatera Utara Mustafrizal melalui selulernya kepada awak media ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa penyebab padamnya listrik di Kepulauan Nias karena ada masalah di dalam internal perusahaan.

Mustafrizal memberitahu bahwa kontrak kerja antara PLN dengan PLTD yang ada di Gunungsitoli telah putus kontrak sejak 25 Maret 2016. "Tetapi kontrak telah kita perpanjang lagi hingga Maret tahun 2017," ucapnya.

Selain itu, Mustafrizal menuturkan pihak PLN telah menyambangi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Desa Moawa, Kecamatan
Gunungsitoli dan PLTD Idanoi namun para pegawainya tidak ada, hanya ada sekuriti yang berjaga. "Posisi mesin pembangkit listrik telah dimatikan," ujarnya.

Pihak PLN tidak bisa memastikan sampai kapan listri di Pulau Nias bisa normal kembali. PLN mengaku akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti muspida, muspika, dan kepala daerah di Pulau Nias untuk membahas pasokan listrik tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4971 seconds (0.1#10.140)