Lapas Kuala Simpang Aceh Rusuh, Sejumlah Napi Luka-Luka

Jum'at, 01 April 2016 - 17:27 WIB
Lapas Kuala Simpang Aceh Rusuh, Sejumlah Napi Luka-Luka
Lapas Kuala Simpang Aceh Rusuh, Sejumlah Napi Luka-Luka
A A A
ACEH - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang rusuh. Kerusuhan diduga kuat dipicu oleh kekesalan para narapidana terhadap beberapa kebijakan lapas yang dianggap memberatkan mereka.

Para napi yang sedang memuncak emosinya itu melakukan aksi anarkis dengan merusak ruangan lapas, melempar batu dan melakukan aksi pembakaran, Jumat (1/4/2016).

Karena suasana tidak terkendali, pihak lapas langsung meminta bantuan Polres Aceh Tamiang, Kodim, dan Batalyon Raider di sana, untuk memperketat pengamanan.

Para napi mengungkapkan, aksi mereka dipicu oleh rasa kesal akibat tidak terpenuhinya sejumlah kebutuhan narapidana, seperti waktu dan ruangan kunjungan keluarga yang sangat terbatas, fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang terlalu jauh dari ruang kunjungan, serta masalah remisi.

Kalapas Kuala Simpang Tri Budi Haryoko mengatakan, pihaknya sudah mengetahui beberapa tuntutan napi. Pihak lapas sedang mencari solusi agar bisa memenuhi tuntutan mereka sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kerusuhan yang terjadi di lapas itu, menurutnya, juga disebabkan kondisi over kapasitas Lapas. "Kapasitas Lapas yang seharusnya menampung 150 napi, saat ini diisi lebih dari 400 narapidana," sebutnya.

Kerusuhan di dalam lapas yang terjadi pada Jumat (1/4/2016) sekira pukul 09.00 WIB mengakibatkan sejumlah ruangan hancur berantakan. Semua jendela kaca pecah, bahkan beberapa ruangan terbakar dan tidak bisa digunakan lagi. Termasuk ruang kerja kepala lapas dan ruang dinas lainnya di gedung lapas.

Akibat kerusuhan, sejumlah napi mengalami luka. Seorang napi kasus narkoba berinisial DN, yang dihukum delapan tahun penjara, hingga kini masih dirawat di RSUD Aceh Tamiang, akibat mengalami pendarahan di bagian kuping, dan kepala. Bahkan, wajah napi juga lebam.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6994 seconds (0.1#10.140)