Wilayah Pesisir Padang Rasakan Guncangan Gempa Selama 1 Menit

Rabu, 02 Maret 2016 - 21:50 WIB
Wilayah Pesisir Padang Rasakan Guncangan Gempa Selama 1 Menit
Wilayah Pesisir Padang Rasakan Guncangan Gempa Selama 1 Menit
A A A
PADANG - Gempa 8,3 skala richter yang mengguncang Mentawai membuat kepanikan di Kota Padang terutama wilayah pesisir. Gempa dirasakan oleh warga dengan durasi cukup lama hingga 1 menit.

Hasil pantauan Crisis Center Pariwisata kepanikan terjadi terutama di wilayah Kota Padang (Wilayah pesisir). Demikian juga di kabupaten Mentawai."Gempa dirasakan oleh warga dengan durasi cukup lama, sekitar 30 detik hingga 1 menit," tulis Crisis Center Pariwisata yang diterima Sindonews, Rabu (2/3/2016).

Hingga saat ini belum ada laporan korban atau kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa ini. Sementara di wilayah Lampung dan Bengkulu, masyarakat cenderung tenang, karena gempa tidak terlalu dirasakan di wilayah ini.

Demikian juga di wilayah Aceh maupun Sumut. Meskipun begitu , masyarakat diimbau untuk tenang dan tetap waspada.

Kepala Basarnas Sulistyo, menyatakan kesiapsiagaan untuk melakukan evakuasi dan melakukan tanggap darurat jika memang dibutuhkan. Namun kini pihaknya masih terus memantau kondisi di lapangan sambil menyiapkan berbagai peralatan dan kebutuhan yang diperlukan.

Kepala BMKG Andi Eka Satya, pada pukul 21.00 WIB menyatakan potensi terjadinya tsunami kecil, namun pihaknya masih akan memastikan kembali kondisi ini sebelum mencabut peringatan dini tsunami terutama di wilayah Sumbar dan sekitarnya.

Dan pukul 21.16 WIB, secara resmi BMKG telah mencabut peringatan tsunami dan menghimbau warga untuk tenang dan kembali ke rumahnya masing-masing. Meskipun begitu, pihaknya tetap mengimbau masyarakat tetap waspada akan terjadinya gempa susulan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4989 seconds (0.1#10.140)