Wali Kota Denpasar Dukung Penerapan Kantong Plastik Berbayar

Minggu, 21 Februari 2016 - 13:56 WIB
Wali Kota Denpasar Dukung Penerapan Kantong Plastik Berbayar
Wali Kota Denpasar Dukung Penerapan Kantong Plastik Berbayar
A A A
DENPASAR - Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menyatakan, Pemerintah Kota Denpasar siap dan mendukung penerapan kebijakan kantong plastik berbayar atau diet kantong plastik.

Pihaknya mengatakan, untuk menerapkan hal tersebut pihaknya sudah bekerjasama dengan lima ritel yang cukup besar di Denpasar.

“Pengurangan tas plastik, ini materinya sudah kita bicarakan, dan pada prisipnya kita siap melakukan hal itu. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan lima ritel diantaranya ada Hardys, dan Tiara Dewata untuk mewujudkan hal tersebut. Uji coba tas kantong berbayar ini harus dilakukan, ini salah satunya untuk mengurangi sampah,” ujarnya.

Saat ini disebagian kota besar di Indonesia, sedang melakukan diet kantong plastik, agar terbebas dari sampah pada 2020 mendatang.

Para pembeli yang nantinya belanja di supermarket akan dimintai bayaran atas kantong plastik yang akan dipakai untuk belanjaannya.

Imbuhnya, meskipun pihaknya akan menerapkan kantong plastik prabayar tersebut¸ Rai Mantra meminta bantuan kepada LSM untuk mengedukasi kepada masyarakat akan peduli terhadap sampah.

Pihaknya menegaskan, akan siap menerapkan diet kantong plastik di Kota Denpasar agar bisa mewujudkan cita-citanya sebelum 2020 Denpasar terbebas dari sampah.

“Di Hari Sampah Nasional ini kita imbau kepada masyarakat sadar dan peduli terhadap lingkungan. Kalau bisa mereka jangan mengeluarkan sampah sama sekali,”pungkansya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5116 seconds (0.1#10.140)