Tingkatkan Kemampuan Petugas, Polres Kulon Progo Simulasi Teror Bom

Sabtu, 23 Januari 2016 - 14:49 WIB
Tingkatkan Kemampuan Petugas, Polres Kulon Progo Simulasi Teror Bom
Tingkatkan Kemampuan Petugas, Polres Kulon Progo Simulasi Teror Bom
A A A
KULON PROGO - Polres Kulon Progo dihebohkan dengan teror bom yang diletakkan di bawah pohon Ketepeng di depan mapolres. Bom tersebut dijinakkan oleh Tim Jihandak Satbrimobda Polda DIY.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nanang Djunaedi mengatakan, teror bom itu hanya simulasi untuk meningkatkan kemampuan personel anggota. Ini penting agar mereka memiliki respon yang cepat sesuai kesatuan dan ketugasan yang ada.

“Dari bom Thamrin telah dievaluasi, dan kami perlu meningkatkan kemampuan. Makanya kami laksanakan simulasi ini,” jelas Kapolres di sela pelaksanaan simulasi, Sabtu (23/1/2016).

Simulasi ini diawali dengan adanya penemuan bom oleh warga yang melintas yang kemudian menarik perhatian warga. Takut ada bom, warga ini melaporkan ke petugas piket SPKT dan dilakukan pengecekan di lapangan.

Penanganan lebih lanjut dilakukan oleh Satbrimobda. Sementara ratusan warga yang antusias melihat bom justru membuat repot petugas di lapangan. Hingga akhirnya petugas melarang warga dan meminta mereka mundur hingga batas police line.

Setelah bom berhasil dijinakkan, petugas dari identifikasi bergerak melakukan identifikasi. Hasilnya kemudian dilaporkan kepada kapolres, dan kondisi aman terkendali.

“Semuanya kami uji cobakan dari olah TKP sampai dengan pengamanan kepada warga sipil,” tuturnya.

Kedepan Polres Kulon Progo akan terus meningkatkan ketrampilan anggotanya. Termasuk dalam ketrampilan menembak. Rencananya di halaman belakang Mapolres akan dibangun lapangan tembak.

Terkait dengan penanganan teroris, saat ini mereka masih melakukan pemetaan. Kondisi geografis Kulon Progo yang banyak didominasi perbukitan, termasuk daerah rawan untuk persembunyian teroris. “Kami terus maping lapangan,” tuturnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8111 seconds (0.1#10.140)