Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gunungkidul

Rabu, 20 Januari 2016 - 23:24 WIB
Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gunungkidul
Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gunungkidul
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras dan puting beliung yang melanda Gunungkidul, DIY, dalam tiga hari terakhir membuat puluhan rumah di dua kecamatan, rusak. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Selasa (19/1/2016) sore itu.

Bencana puting beliung ini paling parah menimpa rumah warga Dusun Blimbing RT 04 RW 05 Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong. Di Dusun ini, puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Bahkan, tercatat lima rumah warga yang mengalami rusak berat.

Menurut penuturan Kepala Dukuh Blimbing Warjito, peristiwa ini diawali hujan deras dan kilatan petir. Setelah beberapa saat hujan deras, mendadak datang angin sangat kencang.

"Beberapa pohon langsung tumbang dan puluhan rumah warga rusak berat dan ringan seperti genteng yang terlempar karena tersapu angin kencang itu," tuturnya, Rabu (20/1/2016).

Ketakutan warga tidak berhenti sampai di situ. Aliran listrik pun tiba-tiba padam. Bahkan, puluhan genteng milik Sukinem terlempar hingga keluar dari pekarangan rumah.

Selain di Kecamatan Ponjong, angin kencang juga menerjang Kecamatan Patuk, tepatnya di Dusun Krakalan, Desa Beji. Garasi mobil rumah milik Suranto (53), rusak akibat tertimpa kayu jati yang ambruk. Korban yang saat kejadian berada di rumah, berhasil menyelamatkan diri.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengaku langsung mengirimkan beberapa relawan untuk ikut kerja bakti bersama warga.

"Memang dalam beberapa hari hujan kencang. Mulai dari korban terseret arus sungai dan tewas, kemudian kandang ayam ambruk, hingga rumah yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung. Jadi kita siaga dengan tim reaksi cepat dan bantuan logistik," ucapnya.

Dengan intensitas hujan yang langsung meningkat ini, dia berharap warga meningkatkan kewaspadaan. "Yang perlu diwaspadai bencana angin kencang dan tanah longsor."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5371 seconds (0.1#10.140)