Pemprov Kalbar Jamin Kebutuhan Eks Gafatar di Pengungsian

Rabu, 20 Januari 2016 - 21:05 WIB
Pemprov Kalbar Jamin Kebutuhan Eks Gafatar di Pengungsian
Pemprov Kalbar Jamin Kebutuhan Eks Gafatar di Pengungsian
A A A
KUBU RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Sosial Kalbar bertanggung jawab selama pengungsi eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) berada di tempat penampungan. Mereka akan memperhatikan sejumlah hal termasuk konsumsi dan tempat tidur bagi pengungsi.

"Oleh karena itu kami mendirikan dapur umum serta dibantu oleh anggota TNI, sebagai petugas dapur umumnya. Kami hanya tinggal menyuplai bahan konsumsi seperti beras, lauk pauk, dan lain-lain," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar M Junaidi, Rabu (20/1/2016).

Untuk perlengkapan tidur para pengungsi, jelas Junaidi, juga sudah disiapkan oleh Pemprov Kalbar. "Pokoknya selama di pengungsian mereka akan dilayani dengan baik."

Jumlah pengungsi eks Gafatar di lokasi pengungsian ini sebanyak 1.941 jiwa. Mereka terdiri dari 309 Kepala Keluarga (KK), dengan jumlah anak-anak yang ikut dievakuasi sekitar 50 anak. "Jadi kita akan tampung selama penampungan dan proses pemulangan."

Sedangkan untuk jadwal pemulangan eks Gafatar ke tempat asal daerahnya sendiri, jelas Junaidi, pihaknya belum mengetahui, karena tergantung kedatangan kapal.

"Hasil rapat bersama semua pihak, pemberangkatannya akan mengunakan KRI," ujarnya.

Ditanya apakah pengungsi akan bertambah, Junaidi belum bisa memastikan. Namun dirinya sudah banyak mendapatkan informasi bahwa pengungsi eks Gafatar akan bertambah, seperti mereka yang tinggal di Sintang, Kayong Utara, dan Bengkayang. "Kalau untuk daerah lain, belum mendapatkan informasi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6618 seconds (0.1#10.140)