54 Orang Hilang di Jateng Terkait Gafatar

Sabtu, 16 Januari 2016 - 03:00 WIB
54 Orang Hilang di Jateng Terkait Gafatar
54 Orang Hilang di Jateng Terkait Gafatar
A A A
SEMARANG - Polda Jawa Tengah (Jateng) menyebut pihaknya telah menerima 54 laporan orang hilang berkaitan dengan ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

"Sampai sekarang, sudah 54 lapor (54 orang hilang), se Jawa Tengah," ungkap Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal (polisi) Nur Ali, di Lobi Markas Polda Jawa Tengah, Jumat (15/1/2016).

Laporan yang masuk, diduga orang-orang hilang itu bergabung dengan Gafatar. Polisi terus mencari tahu tentang hal ini. Berbagai keterangan dengan penyelidikan terus dilakukan, termasuk dari pihak intelijen.

Mereka yang dilaporkan hilang, berangkat dari berbagai profesi. Mulai pekerja swasta, pegawai negeri, anak – anak hingga mahasiswa. "Kalau hilang ya kita cari," tambahnya.

Namun demikian, kata Nur Ali, pihaknya belum bisa mengambil tindakan apapun terutama penegakan hukum.

Sebab, Gafatar sendiri masih terus dikaji statusnya. "Saat ini, kepolisian masih mendalaminya dengan pemerintah daerah," lanjutnya.

Kepala Sub Direktorat IV Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Intelijen dan Keamanan (Dit Intelkam) Polda Jawa Tengah, AKBP Ahmad Sukandar, mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi hilangnya puluhan warga di sejumlah daerah di Jawa Tengah itu terkait dengan Gafatar.

"Memang sudah ada informasi. Ada yang lapor resmi, ada yang belum," tambahnya.

Informasi itu berasal di antaranya dari Kota Semarang, Surakarta, Brebes, Banyumas, Banjarnegara, Wonogiri, Kudus, Jepara. Selain itu, juga Banyumas dan Purbalingga.

"Di Kota Semarang sudah resmi laporan (ke Polrestabes Semarang). Laporan ini malah lebih dulu dari berita Dokter Rica di Yogyakarta," lanjut dia.

Gafatar di Jawa Tengah, kata Sukandar, memang selalu menyampaikan pemberitahuan jika ada kegiatan. "Mulai muncul pertengahan 2014 lalu. Sempat terungkap ada masalah di Klaten, dari situ kami terus awasi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4866 seconds (0.1#10.140)