KBPH Suryodilogo Resmi Dikukuhkan jadi Paku Alam X

Kamis, 07 Januari 2016 - 09:52 WIB
KBPH Suryodilogo Resmi Dikukuhkan jadi Paku Alam X
KBPH Suryodilogo Resmi Dikukuhkan jadi Paku Alam X
A A A
YOGYAKARTA - Prosesi jumenengan (pengukuhan) KBPH Suryodilogo menjadi KGPAA Paku Alam X, sudah dimulai. Presiden kelima Megawati Soekarnoputri datang untuk mengikuti prosesi jumenengan itu, Kamis (7/1/2015)

Berdasarkan pantauan, prosesi jumenengan dimulai di Bangsal Sewotomo dengan diawali keluarnya empat buah tombak pusaka.

Dua merupakan pusaka utama bernama Kiai Buyut dan Kiai Paku Baru. Selain itu payung dan sejumlah pusaka lainnya, kemudian Suryodilogo keluar diiringi Gendhing Sekar Teja.

Lalu dia duduk disebelah kanan singgasana. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran yakni Surat Jum'ah ayat 1-4 dilanjutkan surat Al Fatihah.

Setelah itu dibacakan silsialah dan sejarah. Lalu Suryodilogo disematkan keris Kiai Bontit oleh KPH Notoatmojo sesepuh sentana dalem. Dilanjutkan dengan Sabda Dalem KGPAA Paku Alam ke X.

"Sebagai orang yang mendapatkan amanat untuk menjalankan tugas sebagai KGPAA Paku Alam X, saya sampaikan dengan jujur bahwa kewajiban yang berat karena saya melanjutkan kewajiban leluhur mataram sebagai pengemban kebudayaan," katanya.

Dara acara tersebut, hadir sejumlah menteri seperti Mendikbud Anies Baswedan, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, Mensesneg Pratikno, Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X hadir bersama Permaisuri GKR Hemas. Yang terakhir Presidan kelima Megawati Soekarnoputri yang datang bersama Menteri PMK Puan Maharani.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1021 seconds (0.1#10.140)