Keraton Yogya Dukung Jumenengan Paku Alam X

Rabu, 06 Januari 2016 - 20:47 WIB
Keraton Yogya Dukung Jumenengan Paku Alam X
Keraton Yogya Dukung Jumenengan Paku Alam X
A A A
YOGYAKARTA - Meski ditolak Himpunan Kerabat dan Kawulo Paku Alam (HKKPA) Notokusumo, jumenengan putra mahkota KBPH Suryodilogo menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (GKPAA) Paku Alam X tetap digelar Kamis, 7 Januari 2016.

Pihak Keraton Yogyakarta mendukung penuh jumenengan tersebut. Pengageng Tepas Dwarapura Keraton KRT Jatiningrat menegaskan dukungan penuh itu dengan meminjamkan perlengkapan milik Keraton Yogya, seperti kereta kuda, kuda, dan lainnya.

"Kami dukung 100 persen jumenengan, kita pinjamkan kereta kuda itu salah satu bentuk dukungan," ujar pria yang akrab disapa Romo Tirun, Rabu (6/1/2016).

Pihaknya meminta masyarakat cerdas dalam menyikapi 'polemik' di internal Kadipaten Pakualaman. "Tidak usah ragu, harus cerdas menyikapinya, beliau (Suryodilogo, red) sudah diangkat putra mahkota, maka beliau yang mengantikan ayahandanya (KGPAA Paku Alam IX)," jelasnya.

Dukungan serupa, pernah diberikan Keraton Yogyakarta pada waktu jumenengan KGPAA Sri Paduka Paku Alam IX.

Menurut dia, ketika itu semua perlengkapan jumengan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sultan memberikan dukungan terhadap Jumenengan KGPAA Sri Paduka Paku Alam IX.

''Sekarang sama saja, tidak ada bedanya, maka pihak Keraton Yogyakarta tetap memberikan dukungan karena sudah resmi yang diangkat menjadi putra mahkota seorang adipati,'' katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5576 seconds (0.1#10.140)