Jumenengan Paku Alam X Telan Rp500 Juta, Setengahnya dari Masyarakat

Selasa, 05 Januari 2016 - 10:31 WIB
Jumenengan Paku Alam...
Jumenengan Paku Alam X Telan Rp500 Juta, Setengahnya dari Masyarakat
A A A
YOGYAKARTA - Puro Kadipaten Pakualaman memperkirakan prosesi jumenengan dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, menelan anggaran Rp500 juta. Jumenengan rencananya digelar Kamis Legi (7/1) nanti.

Ketua II Jumeneng Dalem PA X Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Tirtonegoro mengatakan, estimasi anggaran setengah miliar rupiah tersebut, bukan sepenuhnya dari Puro Pakualaman. "Lebih dari 50% justru berasal dari partisipasi masyarakat," katanya di Puro Pakualaman.

Pria bernama lahir Joko Tirtono ini mengungkapkan, dalam kegiatan Jumenengan Dalem ini, Kadipaten Puro Pakualaman tidak mengajukan proposal atau surat ke pihak manapun. "Tapi kalau ada yang menyumbang, disilakan. Justru respon dari masyarakat banyak yang berpartisipasi," jelasnya.

Menurut dia, Puro Pakualaman memang membuka kesempatan masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam jumenengan dalem PA X dalam bentuk apa pun. Selain uang, partisipasi masyarakat, seperti menyumbang konsumsi berupa makanan nasi bok, menyewakan tenda sampai sound system.

Direktur Utama Gembira Loka (GL) Zoo Yogyakarta ini mengungkapkan, jika diuangkan sumbangan dari masyarakat tersebut, bernilai sekitar Rp200 juta. "Kalau untuk keseluruhan acara, estimasi biayanya sekitar Rp400 - Rp500 juta," imbuhnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)