Pakai Paspor Palsu, Pencari Suaka dari Bangladesh Ditangkap

Selasa, 22 Desember 2015 - 23:30 WIB
Pakai Paspor Palsu, Pencari Suaka dari Bangladesh Ditangkap
Pakai Paspor Palsu, Pencari Suaka dari Bangladesh Ditangkap
A A A
DENPASAR - Pencari suaka dari Bangladesh diringkus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rain karena menggunakan paspor palsu.

Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus Ngurah Rai, Yosep HA Renung Widodo mengatakan, Warga Negara Asing dari Bangladesh tersebut menggunakan paspor palsu.

Dia mengatakan, empat orang tersebut diantaranya, Showkat Hossain, Habibur Rahman, Rashedul Islam, dan satu orang India bernama Sameer Mondal.

Dia menceritakan kronologisnya, awalnya pihaknya menangkap Showkat Hossain yang menggunakan paspor Afrika Selatan yang diduga kuat palsu, yang bersangkutan akan berangkat menuju Auckland, New Zealand, melalui Melbourne, Australia.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, ternyata dirinya memiliki paspor Bangladesh. Keesokan harinya, Kamis 15 Oktober 2015, telah ditangkap pula seorang WN Bangladesh bernama Habibur Rahman yang menggunakan paspor Afrika Selatan yang diduga palsu.

Yang bersangkutan hendak berangkat menuju tujuan yang sama, yakni Auckland, New Zealand, melalui Brisbane, Australia.

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan terhadap Habibur Rahman didapati informasi bahwa masih ada seorang WN Bangladesh yang menggunakan paspor Afrika Selatan yang diduga palsu dan menginap di Penginapan di Kuta, Badung.

"Setelah kami kesana kita mendapati seorang WN Bangladesh bernama Rashedul Islam dan seorang agent WN India bernama Sameer Mondal yang akan mengantar ketiga WN Bangladesh," katanya.

Dia menjelaskan, saat ini para WNA tersebut sedang ditahan di Lapas Kerobokan guna menjalani proses penyidikan keimigrasian.

"Mereka dijerat dengan Pasal 119 ayat (1) dan (2) dan Pasal 122 huruf (a) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7158 seconds (0.1#10.140)