20 Organisasi Pemuda di Nusantara Ikuti Soegondo Djojopoespito Award

Jum'at, 11 Desember 2015 - 15:28 WIB
20 Organisasi Pemuda di Nusantara Ikuti Soegondo Djojopoespito Award
20 Organisasi Pemuda di Nusantara Ikuti Soegondo Djojopoespito Award
A A A
SERANG - Sebanyak 20 organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia mengikuti Soegondo Djojopoespito Award 2015. Kegiatan yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga itu untuk memilih organisasi kepemudaan yang berprestasi.

Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda Yuni Poerwati mengatakan, kompetisi ini dimaksudkan untuk memilih organisasi kepemudaan yang memiliki prestasi dalam bidang pemberdayaan masyarakat, khususnya pemuda.

“Para peserta hari ini akan mempresentasikan depan dewan juri keunggulan model pemberdayaan masyarakat dan pemuda yang selama ini mereka kembangkan," ujar Yuni, kepada wartawan, Jumat (11/12/2015).

Dari 20 finalis organisasi kepemudaan tersebut, terlihat sejumlah organisasi kepemudaan yang sudah tidak asing lagi, terdiri dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pekalongan, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Tengah.

Selain itu ada Kesatuan Aksi Mahasiwa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Barat, Ikatan Mahasiswa Simalungu Universitas Sumatera Utara (USU), Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Universita Diponegoro Semarang dan lain-lain.

"Ajang ini sepenuhnya diabdikan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa Seogondo Djojopoespito, tokoh pemuda yang memimpin Kongres Pemuda II tahun 1928," sambung staf khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin.

Dia menambahkan, dari presentasi yang disampaikan ada banyak program kreatif kepemudaan yang cukup menarik dikembangkan. Antara lain program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui diversifikasi gula kelapa kristal.

Program itu telah dijalankan oleh organisasi pemuda Rancana Universitas Soedirman, serta sekolah imajinasi oleh Komunitas Pemuda Warung Imajinasi, Program Family Number One oleh IPNU, dan Book On The Street oleh IPM.

"Ke-20 finalis organisasi kepemudaan tersebut nantinya akan dipilih terbaik I, II, dan III dan berhak atas dana pembinaan organsiasi dari Kemenpora. Masing-masing Juara I Rp40 juta, Juara II Rp30 juta, dan Juara III Rp20 juta," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2929 seconds (0.1#10.140)