Ratusan Ayam di Kulonprogo Mati Mendadak

Kamis, 29 Oktober 2015 - 15:52 WIB
Ratusan Ayam di Kulonprogo Mati Mendadak
Ratusan Ayam di Kulonprogo Mati Mendadak
A A A
KULONPROGO - Ratusan ayam milik warga di Sukoponco, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo mati mendadak.

Salah seorang warga Hary Wibowo mengatakan, matinya ayam-ayam milik warga ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

Setiap harinya selalu saja ditemukan ayam-ayam yang mati. Bahkan di kandang ayam milik keluarganya ada 75 ekor yang mati. "Pagi tadi itu masih sehat, terus selang beberapa jam layu dan mati," jelasnya.

Warga sendiri tidak tahu persis penyebab matinya ayam-ayam buras milik warga. Bahkan tidak hanya ayam dewasa saja yang mati, tetapi anak ayam yang baru berusia satu hingga tiga bulan banyak yang ikut mati. "Ayam Kate pun ikut mati, kalau mentog masih cukup kuat," ujarnya.

Bangkai ayam yang mati ini, oleh warga lantas dibakar. Dagingnya diberikan ke kolam ikan sebagai pakan lele. Tidal sedikit yang menjual, karena takut akan ikut mati.

Surahmi, warga lainnya mengaku ada empat ekor ayam dewasa yang mati. Sedangkan anaka ayam mencapai belasan.

Pasca ayam-ayam mati dia memilih menjualnya. Warga takut terkena serangan virus yang mematikan unggas. "Yang kita jual puluhan, takut nanti menular," kata Surahmi.

Warga sendiri enggan melaporkan kasus ini kepada dinas. Begitu ada yang mati langsung dibuang dengan cara dibakar atau dikubur.

Kasus seperti ini dulu juga pernah terjadi, namun sudah sekitar 2008 silam. Selanjutnya tidak pernah ada. "Sebenarnya ayam-ayam ini di dalam kandang, tidak ada yang dilepas," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Diskpenak) mengaku masih mengumpukjan informasi di lapangan.

Hari ini pihaknya akan datang di lokasi untuk melakukan pengecekan. Dari situ nanti bisa diketahui kemungkinan penyebab dan solusi penanganannya agar tidak menyebar. "Kita masih kumpulkan informasi, besok akan kita cek," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9684 seconds (0.1#10.140)