Lukisan Hasyim Asy'ari Tanpa Jenggot Hebohkan Media Sosial

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 13:16 WIB
Lukisan Hasyim Asyari...
Lukisan Hasyim Asy'ari Tanpa Jenggot Hebohkan Media Sosial
A A A
SURABAYA - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada Kamis 22 Oktober menyisakan polemik, terutama di media sosial.

Pasalnya dalam acara tersebut, foto pendiri organisasi Nahglatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dipasang tanpa jenggot.

Foto tersebut dipampang besar sebagai latar dalam peringatan HSN. Foto-foto tersebut kemudian disejumlah jejaring sosial facebook dan twitter.

Dalam foto yang beredar terlihat Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj sedang memberikan pidato dengan latar belakang foto Hasyim Asya'ri tanpa jenggot.

Kemudian juga, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang sedang berpidato dengan latar belakang foto tersebut.

Salah satu akun Facebook Randu Wingi melontarkan pernyataan pedas terkait beredarnya foto-foto tersebut .

Pernyataan itu menuai balasan komentar dari akun Win Satung yang menyebut foto-foto itu sebagai bentuk pelecehan. "Harusx pelecehan ini pak," tulis akun tersebut.

Pun demikian di jagad Twitland. Foto pendiri Ponpes Tebu Ireng, Jombang tanpa jenggot juga menuai ocehan yang beragam.

Salah satunya dari akun @malakmalakmal dengan mention ke akun @Gus_Sholah, @achyatAhmad dan @Awyyy83. Akun tersebut berkicau bahwa ada yang tega menghilangkan jenggot mbah Hasyim. "kok ada yg tega menghapus jenggot kyai Hasyim ya?," tulis Akun @Malakmalakmal.

Kritikan juga datang dari akun @ustadtengku yang mengoceh bahwa ada yang tega menghilangkan jenggot Kiai Hasyim.

"Teganya menghapus jenggot dari foto Yayi Syekh Hasyim Asy'ari. Sebegitu benci nya mrk dgn sunnah nabi sampai Adab pd ulama besar pun dibuang," kicau akun tersebut.

Namun demikian ada beberapa pihak yang meminta agar persoalan jenggot KH Hasyim agar tidak dibesar-besarkan. "Masalah jenggot KH Hasyim tak perlu dibesar-besarkan. *terSAS:-). Adabmu kemana? Kyai lu main2in. Semoga kualat lu!," kicau akun @ardinasmar.

Cicit Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy'ari, Ipang Wahid sempat memposting foto tersebut. Namun, akhirnya dihapus karena telah menimbulkan polemik di sosial media.

"Dengan mengucap Bismillah Postingan Foto kontroversi mbah Hasyim saya hapus. Seperti biasa ternyata ramai luar biasa responsnya. Di-Like oleh 870 orang, dikomen 209 prang dan hampir 500 yg ngeshare," tulis Ipang Wahid di laman Facebook.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)