HT Dapat Gelar Adat Anak Negeri Hative Besar

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 04:23 WIB
HT Dapat Gelar Adat Anak Negeri Hative Besar
HT Dapat Gelar Adat Anak Negeri Hative Besar
A A A
AMBON - Lagu daerah khas Maluku didendangkan mengiringi langkah Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dan jajaran pengurus DPP Partai Perindo menuju kantor pemerintah Negeri Hative Besar, Teluk Ambon, Maluku.

Ibu-ibu berbaris membentangkan kain putih panjang di sisi kanan dan kiri jalan raya di tempat tersebut. Masyarakat setempat menyebutnya dengan ritual kain gandong. Ritual ini biasa dibawakan untuk menyambut tokoh-tokoh besar di Maluku.

Kepala Desa atau Raja Hative Besar Johanes Helaha menyambut kedatangan HT dengan memakaikan kebaya dansa berwarna biru dan selendang putih bermotif kepada HT. Dengan penyematan pakaian tradisional Maluku itu, HT resmi menyandang gelar adat Anak Negeri Hative Besar.

"Saya sebagai kepala pemerintahan Negeri Hative Besar mengukuhkan dan mengangkat Bapak Hary Tanoesoedibjo sebagai warga Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon," ujar Johanes disambut tepuk tangan warga Negeri Hative Besar, kemarin.

Tersenyum, HT merasa terhormat atas gelar yang disematkan kepadanya tersebut. "Suatu kehormatan dan penghargaan luar biasa untuk saya pribadi dan tentunya untuk Partai Perindo. Terima kasih atas apresiasinya," ujar pria asal Jawa Timur itu.

Kepada HT, Johanes memberikan gambaran umum tentang Negeri Hative Besar. Desa yang menjadi pintu masuk ke Kota Ambon itu dihuni 1.367 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sebanyak 6.893 jiwa. Mayoritas warganya menggantungkan hidup dari sektor pertanian dan perikanan.

Selain itu, pengembangan UMKM sangat potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. "Tetapi kurangnya perhatian pemerintah pusat kepada provinsi Maluku ataupun Kota Ambon berdampak kepada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Negeri Hative Besar," ungkap Johanes.

Sementara itu, HT mengungkapkan basis perjuangan Partai Perindo adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat bawah termasuk di Maluku agar kesenjangan menyempit dan mempercepat Indonesia menjadi negara maju.

"Harapan Partai Perindo semua masyarakat di sini bisa maju, makmur. Kalau makin makmur tentunya membuat Ambon lebih makmur. Kalau semua daerah bisa seperti itu, Indonesia bisa maju," tegas HT.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8364 seconds (0.1#10.140)