Dalam Semalam Kebakaran Terjadi di Empat Lokasi

Kamis, 22 Oktober 2015 - 13:10 WIB
Dalam Semalam Kebakaran...
Dalam Semalam Kebakaran Terjadi di Empat Lokasi
A A A
BANTUL - Dalam semalam, empat kebakaran terjadi di Kabupaten Bantul. Dua di antaranya sempat membuat heboh warga Bantul.

Pasalnya, kebakaran tersebut terjadi di atas bukit yang terlihat jelas oleh sebagian besar warga di dataran rendah wilayah ini.

Bahkan satu kebakaran yang berada di atas bukit ini membuat panik petugas karena letaknya berdekatan dengan ikon wisata Bantul, Hutan Pinus di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo.

Kebakaran pertama terjadi di Dusun Greco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong. Rabu 21 Oktober 2015 malam sekitar pukul 18.00 WIB, setidaknya ada 5 hektare hutan jati, mahoni dan akasia milik Kepala Dukuh setempat, Sakijo, terbakar.

Kebakaran ini mengundang perhatian warga Bantul karena posisinya berada di ujung perbukitan yang jelas terlihat dari Kota Bantul.

"Dari kota Bantul Rabu malam jelas terlihat," ujar Lucky Wibowo, pemuda asal Kecamatan Sewon.

Kebakaran ini secara cepat merambat karena hembusan angin yang cukup kuat. Tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengalami kesulitan menguasai api karena kondisi medan yang cukup sulit. Setelah berjibaku selama 3 jam, BPBD baru berhasil menguasai api.

Sakijo tak mengira lahannya akan terbakar habis dan membuatnya rugi belasan juta rupiah. Ia menduga kebakaran tersebut akibat ulah beberapa anak muda yang sebelumnya terlihat nongkrong di kawasan tersebut.

Kemungkinan besar, rombongan anak muda tersebut membuang puntung rokok sembarangan. "Puntung rokok yang masih menyala itu memicu terjadinya kebakaran," ujarnya.

Kebakaran juga terjadi di lokasi tak jauh dari kawasan wisata Hutan Pinus Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo.

Sekitar pukul 18.30 WIB, api terlihat semakin membesar di Dusun Giriloyo, RT 06, Kecamatan Imogiri. Api yang semakin membesar tersebut berasal dari kebakaran bekas lahan tebu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)