Giliran Hutan Gunung Ringgit Terbakar

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 18:23 WIB
Giliran Hutan Gunung Ringgit Terbakar
Giliran Hutan Gunung Ringgit Terbakar
A A A
PASURUAN - Kebakaran hutan kembali merambah kawasan pegunungan. Setelah lereng Gunung Arjuno, Welirang, Penanggungan, dan Bromo, kali ini giliran hutan lereng Gunung Ringgit dilalap si jago merah.

Munculnya titik baru api di perbatasan Gunung Arjuno dan Gunung Ringgit ini diketahui pada Kamis (9/10/2015) malam. Hingga saat ini, luasan hutan yang terbakar di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soeryo mencapai 23 blok atau sekitar 553 hektare.

Kepala Pemangku Tahura R Soeryo Murbandarto mengungkapkan, lokasi kebakaran diperkirakan berada di kawasan hutan Gunung Ringgit dan Gunung Arjuno dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Saat ini, tim relawan sudah diberangkatkan untuk memadamkan kobaran api.

"Tim pemadam sebanyak 15 personel sudah berangkat setelah Salat Jumat. Lokasi yang terbakar medannya cukup sulit dijangkau," kata Murbandarto, Jumat (9/10/2015).

Menurutnya, kawasan hutan yang terbakar sebagian besar ditumbuhi jenis pohon pinus dan tumbuhan perdu berupa alang-alang. Dugaan sementara, penyebab kebakaran ini berasal dari semak belukar yang kering terpantik suhu udara yang panas.

"Pola pemadaman kebakaran hutan ini masih menggunakan teknis manual. Selain itu juga dilakukan upaya melokalisir kobaran api agar tidak merambat lebih luas," tandas Murbandarto.

Kebakaran hutan di kawasan pegunungan ini telah berlangsung sejak Agustus 2015. Titik api ini selain berasal dari peningkatan suhu udara, diduga kuat juga karena ulah orang-orang yang melakukan perburuan liar dan membuang puntung rokok sembarangan.

Proses pemadaman ini sulit dilakukan karena keterbatasan peralatan yang dimiliki. Selain itu, tidak adanya pasokan air di kawasan pegunungan juga menyulitkan pemadaman api.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7161 seconds (0.1#10.140)
pixels