Jokowi Batal Rayakan Idul Adha di Sinabung

Kamis, 24 September 2015 - 11:43 WIB
Jokowi Batal Rayakan Idul Adha di Sinabung
Jokowi Batal Rayakan Idul Adha di Sinabung
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunda kunjungannya ke kawasan Sinabung, Sumatera Utara, lantaran memburuknya udara di kawasan Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diakibatkan bencana kabut asap.

Awalnya, usai melaksanakan Salat Idul Adha 2015 atau 1436 Hijriyah, di Masjid Agung Al-Karomah, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Presiden bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Sumatera Utara.

Namun, pria yang akrab disapa Jokowi ini beserta rombongan akan meninjau kebakaran lahan yang terjadi, di Kapuas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, yang berjarak 130 km melalui jalur darat.

"Presiden merasa perlu meninjau langsung kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah mengingat tingkat kedaruratan kabut asap di wilayah tersebut," kata Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Kamis (24/9/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan meninjau langsung pengendalian kebakaran hutan dan lahan, Presiden Jokowi juga ingin memastikan bahwa semua pihak telah bergerak bersama.

Meski demikian, Presiden Jokowi tetap memantau perkembangan penanganan para korban terdampak erupsi Gunung Sinabung.

"Bahkan Presiden telah memerintahkan Pangdam Bukit Barisan dan Ketua Satuan Tugas Percepatan Relokasi Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara untuk menyiapkan proses relokasi," ucapnya.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi tetap akan mengunjungi pengungsi Sinabung pada kesempatan berikutnya, mengingat pengananan kawasan Sinabung ditargetkan dapat tuntas pada akhir tahun 2015.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6960 seconds (0.1#10.140)