Hutan Rakyat di Purworejo Juga Terbakar

Rabu, 23 September 2015 - 19:47 WIB
Hutan Rakyat di Purworejo Juga Terbakar
Hutan Rakyat di Purworejo Juga Terbakar
A A A
PURWOREJO - Kebakaran hebat melanda hutan rakyat di wilayah Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sekitar 5 hektare hutan rakyat hangus.

Kebakaran tersebut terjadi pada Selasa (22/9/2015) sekitar pukul 22.00 WIB. Si jago merah melalap hutan jati milik warga yang berada di atas Bukit Gajah Mungkur dan Watu Butak.

Menurut Ansyori (27), warga, hutan rakyat di wilayah Kecamatan Kaligesing belum pernah mengalami kebakaran. "Kami semua kaget, karena sebelumnya belum pernah terjadi kebakaran yang sebesar ini," ucap Ansyori kepada Koran SINDO, Rabu (23/9/2015).

Lokasi hutan yang berada di atas dan kondisi jalan yang sempit dan terjal mengakibatkan regu pemadam kebakaran dari BPBD Purworejo kesulitan menjangkau lokasi kebakaran. "Terpaksa kami lakukan upaya pemadam kebakaran secara manual. Karena medan cukup sulit dilalui mobil," ucap petugas BPBD, Tri.

Kapolsek Kaligesing AKP Panpandi mengungkapkan, dugaan sementara kebakaran hutan itu disebabkan musim kemarau yang berkepanjangan.

"Kebakaran disebabkan karena cuaca musim panas dan terjadi gesekan ranting pohon, itu kemungkinan gesekan agak siang tapi baru menimbulkan api yang besar pada malam harinya," terang AKP Panpandi.

Melihat kondisi di lapangan yang demikian sulit untuk dilakukan upaya pemadaman menggunakan alat bantu pemadam kebakaran, polisi mengimbau kepada warga dan tim pemadam agar berhati-hati di dalam melakukan upaya pemadaman. Kapolsek menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kerugian yang diakibatkan dari kebakaran tersebut belum bisa ditaksir. Namun, hasil pantauan, sejumlah tanaman seperti pohon jati, albasiah, sonokeling, dan cengkih ikut dilalap si jago merah.

PILIHAN:

4.000 Personel TNI-Polri Amankan Kunjungan Jokowi ke Sumut
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)