6 Mahasiswa UNY Terjebak Kebakaran di Puncak Gunung Wilis

Minggu, 20 September 2015 - 20:06 WIB
6 Mahasiswa UNY Terjebak Kebakaran di Puncak Gunung Wilis
6 Mahasiswa UNY Terjebak Kebakaran di Puncak Gunung Wilis
A A A
BANTUL - Seorang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bernama Wahab Febri Andono (25), dikabarkan hilang terjebak dalam kebakaran di puncak Gunung Wilis, saat mendaki bersama Tim Komunitas Pengamat Burung (KPB) UNY.

Warga Dusun Babatan Luntung, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, itu diketahui berangkat dengan tim KPB UNY dari Yogyakarta. Kabar hilangnya Wahab di Gunung Wilis, telah sampai ketelinga keluarga besarnya.

"Seharusnya KPB UNY lebih cermat dalam melihat situasi dan kondisi. Mbok memperhatikan cuaca atau bagaimana,” kata Ayah Kandung Wahab, Suharto, saat ditemui wartawan, Minggu (20/9/2015).

Kendati begitu, Suharto mengaku belum mendatangi KPB UNY untuk memastikan kabar tersebut. Dia lebih memilih menunggu kabar tentang keberadaan putra keduanya tersebut.

"Wahab pamit untuk melakukan observasi di Kediri, pada Senin 14 September 2015. Ketika itu, saya sama sekali tak menaruh curiga. Lantaran sejak awal kuliah di UNY, dia sudah aktif di Komunitas Pengamat Burung (KPB) UNY," jelasnya.

Dalam melakukan observasi lapangan, Wahab sudah pergi ke berbagai daerah. Di kampusnya, Wahab bahkan telah menjadi senior KPB UNY. Karena berbagai pengalamannya itulah, saat Wahab pamit, Suharto mengaku tidak cemas.

Sementara itu, petugas Search and Rescue (SAR) Gunung Wilis Siswanto yang dihubungi melalui saluran telepon membenarkan jika Wahab dan rekan-rekannya tersesat di Gunung Wilis.

"Dari laporan kami terima, Wahab bersama ketiga rekannya pergi ke Gunung Wilis dipandu oleh dua orang warga setempat. Katanya untuk melakukan observasi satwa di kawasan hutan lereng Gunung Wilis," ungkapnya.

Tetapi, setelah terjadi kebakaran hutan di salah satu titik lereng, mereka terjebak di hutan dan tak bisa turun. Hingga kini, pencarian terhadap Wahab dan teman-temannya masih terus dilakukan.

"Informasi yang saya terima, Wahab bersama lima orang kawannya saat ini belum ditemukan. Lima temannya tersebut di antaranya adalah Kukuh, Nurdin, Tika, Ari, dan Sigit," jelasnya.

Wahab dan teman-temannya mendaki Gunung Wilis, pada Selasa 15 September 2015 lalu melalui jalur Kare, Kabupaten Madiun. Mereka didampingi dua orang warga sekitar yang mengantarkannya ke puncak gunung.

"Tetapi berdasarkan keterangan di lapangan, lantaran sesuatu hal, dua orang di antara mereka yakni Ari dan Sigit memutuskan untuk turun gunung terlebih dulu," paparnya.

Kabar hilangnya Wahab dan lima orang kawannya itu diterima Tim SAR Gunung Wilis dari kedua orang tersebut. Keputusan untuk evakuasi akhirnya diambil setelah ditunggu hingga Sabtu 19 September 2015 tak ada kontak dengan Wahab dan kawan-kawannya.

“Enam pendaki itu memang berasal dari Yogya,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5681 seconds (0.1#10.140)