Tiga Perusahaan di Kalbar Diduga Bakar Hutan dan Lahan

Sabtu, 19 September 2015 - 05:49 WIB
Tiga Perusahaan di Kalbar Diduga Bakar Hutan dan Lahan
Tiga Perusahaan di Kalbar Diduga Bakar Hutan dan Lahan
A A A
PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengatakan, berdasarkan hasil rapat di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, ada tiga perusahaan yang diduga melakukan aktivitas pembakaran hutan dan lahan di Bumi Khatulistiwa.

"Ada tiga korporasi yang diduga sudah dalam penyelidikan pihak Polda Kalbar," kata Christiandy, Jumat (18/9/2015).

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meminta kepada aparat kepolisian agar mengusut tuntas kasus kebakaran hutan dan lahan, yang menyebabkan terjadinya bencana kabut asap di Kalimantan Barat.

"Kami sudah membentuk Satgas Karhutla. Hal ini untuk meminimalisir bencana kabut asap yang sudah terjadi satu bulan belakangan ini," katanya.

Sementara, Polda Kalimantan Barat merilis sebanyak 27 kasus kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Kalimantan Barat sejak Januari hingga September 2015. Dari jumlah kasus tersebut, Polda Kalbar menetapkan 18 tersangka.

"Dari 27 kasus karhutla di Kalbar, ada empat kasus yang masih dalam tahap penyelidikan dan 15 kasus dalam tahap penyidikan," kata Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Arianto saat dihubungi, Jumat (18/9/2015).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7399 seconds (0.1#10.140)