Kabut Asap, 173 Warga Malaysia Dievakuasi dari Riau

Jum'at, 18 September 2015 - 19:05 WIB
Kabut Asap, 173 Warga Malaysia Dievakuasi dari Riau
Kabut Asap, 173 Warga Malaysia Dievakuasi dari Riau
A A A
PEKANBARU - Pemerintah Malaysia mengevakuasi 173 warganya yang berada di Riau. Ini disebabkan warga negeri jiran itu sudah tidak tahan dengan kabut asap yang sudah lebih sudah sebulan menyelimuti Bumi Lancang Kuning ini.

Sejumlah warga Malaysia yang dievakuasi terdiri dari pelajar dan mahasiswa yang selama ini menimba ilmu di Kota Pekanbaru.

Sebelum diterbangkan, mereka terlebih dahulu dikumpulkan di Kantor Konsulat Malaysia di Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian sore ini mereka diberangkatkan dengan menggunakan bus menuju Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Untuk tahap awal ini kita evakuasi 120 orang. Sisa segera diterbangkan lagi, " kata Konsulat Malaysia di Pekanbaru, Handim Hadi, Jumat (18/9/2015).

Para pelajar dan mahasiswa ini dievakuasi dengan menggunakan pesawat Hercules C130 milik Tentara Udara Malaysia. Selain 173 warga yang hari ini akan diberangkatkan, Handim menyebut beberapa warga Malaysia sudah pulang ke Malaysia jauh-jauh hari. Namun mereka pulang dengan biaya sendiri.

"Warga kita tidak tahan dengan jerebu (kabut asap). Kita berterima kasih terhadap Pemerintah Kota Pekanbaru atas dipermudahkannya warga kita bisa pulang ke Malaysia," timpalnya.

Ditanya kapan mereka akan kembali, Handim menyebut setelah kondisi Riau baik. "Mudah-mudahan jerebu segera hilang di Riau agar mereka segera kembali ke Pekanbaru," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4196 seconds (0.1#10.140)