Ciri Hewan Kurban Tidak Layak Disembelih

Jum'at, 18 September 2015 - 13:48 WIB
Ciri Hewan Kurban Tidak Layak Disembelih
Ciri Hewan Kurban Tidak Layak Disembelih
A A A
BANDUNG - Bagi anda yang akan membeli hewan kurban, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar benar-benar layak dari segi agama dan kesehatan.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Jawa Barat I, Sri Mujiarti Ningsih, memberikan tips untuk membeli hewan kurban yang baik.

"Secara kasat mata, hewan kurban yang sehat itu bulunya mengkilap atau tidak kusam, matanya berbinar, perilakunya lincah, semua selaput lendirnya berwarna merah," kata Sri di Kantor Dinas Peternakan Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (18/9/2015).

Khusus untuk selaput lendir, itu bisa dilihat dari hidung, telinga, dan anus hewan kurban.

Jika keluar lendir berwarna hitam, dipastikan hewan kurban sedang sakit dan tidak layak untuk disembelih. "Untuk suhu tubuh, hewan kurban yang sehat itu antara 39-40,5 (derajat celcius)," ungkapnya.

Jika suhunya melebihi 40,5 derajat celcius, maka hewan kurban kemungkinan sedang demam dan memerlukan pengobatan lebih lanjut.

Yang dikhawatirkan, suhu tubuh yang tinggi justru menandakan hewan kurban diserang penyakit berbahaya seperti antraks atau penyakit lainnya.

Keberadaan tim pemeriksa kesehatan pun diharapkan benar-benar efektif untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang dijual para pedagang.

"Hewan kurban yang dinyatakan sehat pun akan diberi surat keterangan kesehatan hewan," sebutnya.

Selain itu, hewan kurban yang sudah dipotong juga akan diperiksa untuk kembali memastikan kesehatannya. "Sehingga daging hewan kurban dipastikan aman untuk dikonsumsi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7542 seconds (0.1#10.140)