Papan Informasi Harga Komoditas Terus Dibiarkan Padam

Senin, 14 September 2015 - 11:12 WIB
Papan Informasi Harga Komoditas Terus Dibiarkan Padam
Papan Informasi Harga Komoditas Terus Dibiarkan Padam
A A A
MEDAN - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan diminta menghidupkan kembali papan informasi harga komoditas di pasar-pasar tradisional. Hingga saat ini masih banyak papan informasi harga komoditas yang dibiarkan padam sehingga terkesan hanya sebatas pajangan.

Berdasarkan pantauan KORAN SINDO MEDAN, papan informasi harga komoditas yang padam terlihat di Pasar Petisah dan Pasar Aksara. Sementara di Pasar Simpang Limun dan Pasar Pusat Pasar, meski sudah hidup namun berdasarkan informasi dari warga, keberadaan papan informasi tersebut masih sering padam.

Padahal, keberadaannya sangat bermanfaat bagi warga untuk memantau perkembangan harga komoditas sebelum berbelanja. “Sudah bertahun-tahun itu padam bang, walaupun hidup hanya sebentar. Mungkin hanya dijadikan pajangan untuk habis-habiskan anggaran,” ujar salah seorang pengunjung Pasar Aksara, Zubaidah Hasibuan,26, kepada KORAN SINDO MEDAN, Minggu (13/9).

Warga Jalan Letda Sujono ini menilai keberadaan papan informasi harga komoditas menggunakan elektronik itu sering menjadi perhatian warga yang melintas karena tempatnya memang menghadap persis ke arah jalan. Ia mengaku, selama beberapa tahun melintas di kawasan itu, hanya beberapa terlihat menyala.

Kalaupun hidup, kualitas gambar dan tulisannya tidak jelas. Untuk itu, ibu satu anak ini meminta agar Pemko Medan melalui instansi terkait segera menghidupkannya kembali. Apalagi pembangunan papan informasi tersebut bukan dana yang sedikit dan pasti memiliki anggaran untuk pemeliharaan.

“Jangan pandai membangun atau mendirikan tapi tidak pandai merawat,” katanya. Terpisah, salah satu pengunjung di Pasar Simpang Limun, Ayu Asreni, 29, mengatakan, keberadaan papan informasi harga komoditas terletak di Jalan Sisingamanga itu sering padam.

“Itu memang hidup hari ini, tapi seringan padam. Tidak tahu ya kenapa bisa hidup-mati gitu, tapi seringan mati sich,” kata warga Jalan STM ini. Alina, 34, pengunjung di Pasar Petisah juga mengaku heran papan informasi yang ada di Pasar Petisah memang hidup, namun informasi harga komoditas yang tertera tidak jelas “Lihat saja di bagian bawah kan ada tulisan tidak jelas berjalan.

Kalau harga komoditas tidak pernah nampak,” katanya. Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Medan, Syahrizal Arief, membenarkan ada sejumlah papan informasi di pasar tradisional yang padam akibat daya listrik yang tidak terpenuhi.

“Kondisi papan informasi harga komoditas masih bagus, kecuali Pasar Aksara. Kita akan cek dulu kalau padam mungkin kendala masalah daya listrik,” katanya.

Irwan Siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7482 seconds (0.1#10.140)