Lanskap Indah dan Keramahan Ibu-ibu Buruh Pemetik Teh

Senin, 14 September 2015 - 11:01 WIB
Lanskap Indah dan Keramahan Ibu-ibu Buruh Pemetik Teh
Lanskap Indah dan Keramahan Ibu-ibu Buruh Pemetik Teh
A A A
KARANGANYAR - Kabupaten Karanganyar memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa. Hampir di setiap wilayahnya terdapat lanskap indah yang siap memanjakan pengunjung yang datang, baik wisatawan lokal maupun pengunjung mancanegara.

Salah satu obyek wisata yang menarik dikunjungi di Kabupaten Karanganyar adalah kawasan wisata Kebun Teh yang berada di Kemuning Kecamatan Ngargoyoso. Perkebunan ini berjarak sekitar 28 kilometer dari Kota Solo. Untuk menuju lokasi tersebut, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur Solo- Tawangmangu.

Sesampainya di simpang tiga Karangpandan, pengunjung mengambil arah ke kiri mengikuti petunjuk ramburambu lalu lintas yang ada. Setelah berkendara sekitar setengah jam dengan trek yang menanjak, pengunjung langsung disambut hamparan perkebunan teh yang cukup luas di samping kanan dan kiri jalan.

Pengunjung tidak harus merogoh kocek untuk bisa menikmati pemandangan alam yang disuguhkan di kawasan wisata itu. Tak ada pos pemungutan retribusi alias gratis. Setiap sudut perkebunan teh bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang. Kondisi jalan yang lebar serta menjangkau di setiap petak kebun, memudahkan pengunjung yang memilih mengelilingi perkebunan teh dengan kendaraan.

Jika beruntung, keramahan ibu-ibu buruh pemetik teh akan menyambut setiap pengunjung saat masuk ke area perkebunan. Pengunjung bisa berinteraksi langsung untuk mengetahui profesi mereka. Biasanya mereka mau menjelaskan mengenai proses pemetikan teh hingga diolah menjadi teh siap seduh.

Lelah berjalan-jalan di hamparan perkebunan, pengunjung bisa menikmati makanan yang dijual di kawasan kebun teh. Mulai dari kelas ekonomis hingga kelas restoran semua tersedia. Wisatawan tinggal memilih sesuai selera yang diinginkan.

Salah seorang pengunjung asal Kota Solo, Rina Fatimah mengatakan, selain gratis, pesona alam yang ditawarkan cukup indah. Menurutnya, kebun teh tersebut sangat memanjakan pengunjung yang hobi fotografi. Berbagai spot bisa diabadikan dan lebih menarik jika dipotret dari ketinggian. “Gratis dan spot -nya lengkap, ini yang membuat saya tertarik datang ke sini,” ucapnya, kemarin.

Kabid Pemasaran Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karanganyar Eny Fauziah mengatakan, kebun teh dan obyek wisata lain terus dipromosikan untuk mendatangkan pengunjung. Promosi dilakukan melalui forum wisata dan biro wisata yang ada di Indonesia. Ia menjelaskan khusus untuk Kebun Teh Kemuning, pihaknya hanya bisa melakukan pembenahan infrastruktur untuk menuju lokasi.

Pasalnya, perkebunan tersebut bukan milik Pemkab Karanganyar tapi swasta. “Kami memang promosikan dan kami beri fasilitas jalan yang bagus untuk masuk ke lokasi,” tandasnya.

ARIEF SETIADI
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6781 seconds (0.1#10.140)
pixels