3 Hektare Hutan di Gunung Panderman Terbakar

Jum'at, 11 September 2015 - 21:03 WIB
3 Hektare Hutan di Gunung Panderman Terbakar
3 Hektare Hutan di Gunung Panderman Terbakar
A A A
BATU - Kebakaran hutan terjadi di wilayah Gunung Panderman, Kota Batu. Luas lahan hutan yang terbakar luasnya diperkirakan mencapai 3 hektare.

Saat ini Perhutani dibantu masyarakat, terus berusaha untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan pohon pinus dan semak belukar.

Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Oro Oro Ombo, Bambang W menjelaskan, kawasan hutan yang terbakar di selatan Gunung Panderman atau di dekat Coban Rais.

"Kita masih melakukan pemadaman di lokasi yang terbakar. Dugaan kita, kebakaran itu karena pemburu lupa memadamkan api ungun. Atau bisa juga karena ada orang yang membuat arang kayu di tengah hutan," jelasnya.

Beberapa minggu ini suhu udara di Kota Batu panas. Ada kemungkinan ada batang pohon gesekan atau ada bebatuan jatuh yang menyebabkan percikan api. Lalu membakar semak belukar.

"Kita membuat gantangan untuk memadamkan apinya. Jumat sore, warga, Perhutani, BPBD Kota Batu pergi kelokasi kebakaran. Tujuannya supaya apinya tidak membakar kesemak belukar yang lainnya," kata Bambang.

Kusdianto, warga Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo menyatakan, kebakaran hutan sudah terjadi tiga hari yang lalu. Karena lokasinya jauh dari permukiman. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencapai lokasi.

“Sepengetahuan saya, sudah tiga hari lalu hutannya terbakar. Mungkin luasnya lebih dari 3 hektare. Pada malam hari kebakaran tampak jelas, api terus membara, ” kata dia.

Novanto pemburu satwa menyatakan, saat ini beberapa hewan mulai turun gunung. "Ada babi hutan dan aneka burung yang turun gunung. Sehingga memudahkan kami berburu binatang hutan itu," jelasnya.

Dalam kawasan hutan di Gunung Panderman, saat ini diperkirakan terdapat 30 ekor lutung Jawa. Puluhan ekor monyet ekor panjang. Termasuk aneka jenis burung. Seperti kepodang, srigunting, elang.

"Setiap musim kemarau hutan di wilayah Gunung Panderman sering terbakar. Karena suhu udara di lereng gunung panas," tandas dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4402 seconds (0.1#10.140)