UII Pamerkan Hasil Riset dan Produk Inovatif

Jum'at, 11 September 2015 - 10:37 WIB
UII Pamerkan Hasil Riset dan Produk Inovatif
UII Pamerkan Hasil Riset dan Produk Inovatif
A A A
YOGYAKARTA - Tak ingin hasil karya mahasiswanya hanya menjadi barang simpanan gudang, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengikuti pameran yang digelar Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo).

Empat karya unggulan mahasiswa UII ikut dipamerkan dalam kegi at - an Yogyakomtek 2015. Bertempat di Jogja Expo Cen ter pada 5–9 September 2015 lalu, produk Timbangan Body Mass Index (BMI), Robot Lengan untuk Menggambar, Robot Holonomik, dan Mobil Listrik cukup menyita banyak perhatian pengunjung pameran.

Menurut Koordinator Tim Riset dan Inovatif Mahasiswa UII Izzati Muhimmah, keempat produk tersebut menggunakan Galileo sebagai pengendalinya. "Partisipasi mahasiswa UII ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi ka - mi. Melalui pameran ini, ke - inginan kami memublikasikan karya dosen dan mahasiswa UII kepada masyarakat luas bisa tercapai. Selain itu, kami juga ingin memperluas jejaring kerja sama antara UII dengan ber - ba gai pihak," ujarnya, kemarin.

Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri UII ini juga menuturkan, pi hak - nya berterima kasih dan sangat mengapresiasi kesempatan yang telah diberikan oleh Intel. "Tentunya kami berharap bahwa kerja sama yang telah dilakukan antara UII dan Intel selama ini dapat terus dikembangkan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak," kata Izzati.

Dijelaskan Izzati, kesempatan gelar produk inovasi tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama UII dan Intel untuk program Galileo for Universities. UII merupakan salah satu perguruan tinggi da - ri sekitar 40 perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh donasi berupa produk Galileo dari Intel.

"Masing-masing hasil riset dan produk inovatif karya mahasiswa ini mempunyai ke - unggulan tersendiri. Misalnya, pro duk Robot Lengan untuk Meng gambar. Dengan alat ini, pengguna dapat membuat gam bar pada perangkat ponsel atau tabletAndroid yang kemudian ditransfer untuk dibuat gambarnya oleh robot lengan," katanya.

Produk lainnya yakni Mobil Listrik dengan nama Kaliurang Unisi merupakan prototipe yang dikembangkan oleh tim mobil listrik UII. Mobil yang di - ge rakkan motor listrik ini dapat bergerak dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Sementara itu, Ketua Umum Apkomindo Soegiharto San toso mengatakan, karya dan inovasi mahasiswa UII pa - tut diacungi jempol. Karya-kar - ya yang terpajang itu mem buk - tikan kualitas generasi mu da Indonesia tidak kalah bersaing.

"Mungkin mereka hanya perlu kesempatan menunjuk - kan potensi. Karena kemampuan ilmu maupun skill mereka sebenarnya sudah mumpuni. Dengan ikut dipamerkan da - lam Yogyakomtek ini tentu ma - kin banyak masyarakat, bah kan mungkin industri yang akan tahu kualitas pembuat dan produk hasilnya," ungkapnya.

Ratih keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8175 seconds (0.1#10.140)