Popnas Cikal Bakal Atlet Berprestasi

Jum'at, 11 September 2015 - 10:30 WIB
Popnas Cikal Bakal Atlet Berprestasi
Popnas Cikal Bakal Atlet Berprestasi
A A A
BANDUNG - Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIII/2015 Jawa Barat di Stadion Siliwangi, Jalan Ambon, Kota Bandung, berlangsung meriah.

Perhelatan olahraga multi eventpe lajar se-Indonesia itu di me riah kan 750 penari dari ka la ngan pelajar. Mereka mem ba wa kan tarian asli Tanah Pa sun dan, Pa pua, Jawa Timur, Su - ma tera Selatan, dan Su - ma tera Ba rat. Pembukaan Popnas XIII/ - 2015 bertajuk Gempita Remaja di Negeri Parahyangini di ha rap - kan menjadi melting spot kebudayaan Nusantara.

Pembukaan Popnas XIII/ - 2015 juga menam pil kan seni ur ban yang me li bat kan ko mu nitas parkour, mo - dern dance, dan seni urban lainnya yang ju ga dibawakan kalangan pelajar. Selain kesenian gerak, da - lam acara pembukaan ini juga di tampilkan visualisasi seperti ba tik, payung, serta kelom geu - lis Tasikmalaya, yang memang men jadi ciri khas Jabar.

Ajang Popnas yang diikuti 4.441 atlet dan 938 pelatih ini res mi dibuka Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora) Imam Nah rawi dan Gubernur Jabar Ah mad Heryawan, ditandai de - ngan membunyikan sirine. Imam Nahrawi me ngung - kapkan, ajang Popnas di Jabar men jadi sejarah terlahirnya at - let-atlet muda berprestasi.

Di - te gaskan Imam, olahraga In - donesia harus bangkit dari ke - ter purukan prestasi. “Tahun 2015 ini adalah ta - hun nya refleksi dan evaluasi, un tuk mengembalikan ke ja - yaan prestasi olahraga In do - nesia. Jadikan Popnas ini se - bagai wahana untuk me la hir - kan prestasi terbaik,” tegasnya.

Ketua Umum Pengurus Be - sar (PB) Popnas XII/2015 Ah - mad Hadadi menuturkan, ajang Popnas menjadi ajang evaluasi ha sil pembinaan olahraga di se - tiap daerah. “Atlet-atlet yang berprestasi di ajang Popnas ini merupakan ci kal bakal atlet nasional yang ten tunya bisa berprestasi hing - ga internasional,” ujarnya.

Popnas kali ini mem per tan - ding kan 20 cabang olahraga yang terdiri dari 274 nomor de - ngan rincian 143 nomor putra, 128 nomor putri, dan 3 nomor mix. Medali yang diperebutkan se banyak 274 medali emas, 274 pe rak, dan 397 perunggu. Hal senada diungkapkan Gu bernur Jabar Ahmad Her - yawan.

Menurutnya, Popnas me miliki makna yang dalam ka - re na diikuti pelajar se-In - donesia, dari Sabang sampai Me rauke. “Dengan adanya event Pop - nas 2015 ini, akan lahir atlet-at - let andal yang mampu mem - bang gakan nusa dan bangsa,” ucap nya.

Panji qadhafi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5468 seconds (0.1#10.140)