Perkenalkan, Nama Saya Y

Selasa, 08 September 2015 - 22:08 WIB
Perkenalkan, Nama Saya Y
Perkenalkan, Nama Saya Y
A A A
YOGYAKARTA - Setelah D di Pemalang, kini ada siswi di Yogyakarta, DIY, yang juga memiliki nama unik yakni cuma satu huruf. Dia adalah Y, siswi kelas XII SMKN 2 Yogyakarta, yang mengambil jurusan multimedia.

Gadis berjilbab tersebut mengaku, setelah melihat sejumlah pemilik nama unik muncul di media, dia sudah menduga bakal dicari wartawan.

Menurut Y, nama yang dimiliki itu diberikan oleh ayahnya saat Indonesia mengalami krisis moneter. "Nama saya Y," ujarnya, Selasa (8/9/2015)

Anak dari pasangan Slamet Sugiono dan Parijem warga Gedongkiwo, RT 055/011, Mantrijeron, Kota Yogyakarta itu menceritakan pengalamannya karena memiliki nama yang cukup pendek.

Saat masuk Sekolah Dasar (SD), Y, sempat ditanya teman-teman sekolah mengenai namanya yang unik. Akhirnya, karena banyak yang bertanya, oleh ayahnya Y diberi nama panjang, namun tidak tercatat dalam akta.

Namanya itu pun cukup panjang, bahkan bisa menjadi gabungan beberapa nama, yakni Ai Winorsiti Dyah Ayu Meganungrum Dwi Pangastuti Lestari Endang Pamikasih Sri Kumala Sari Dewe Puspita Anggraeni.

"Karena banyak yang bertanya, Bapak memberi nama panjang," ujarnya.

Tak hanya waktu SD, saat masuk SMP, Y bahkan sempat ditanya petugas bagian pendaftaran yang menerima berkas yang baru diisi supaya melengkapi namanya. Padahal, namanya memang begitu.

Hal itu terjadi pula saat Y masuk SMK. Bahkan, saat itu pihak petugas pendaftaran sampai mendatangkan ibunya untuk memastikan nama Y tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai kepastian nama unik itu tidak hanya dialami Y di sekolah. Saat membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Surat Izin Mengemudi (SIM), Y mengaku selalu harus menghadapi petugas yang menanyakan kebenaran namanya.

Y mengakui beberapa kali mengalami kesulitan bila mendaftar sesuatu sistem online. Sebab, setiap mendaftar menggunakan satu huruf, namanya selalu ditolak.

Gadis kelahiran 7 Desember 1997 itu pun menyiasati dengan menambah huruf baru di belakang namanya. Misalnya, saat mendaftar desain poster, dia menambah dua huruf E di belakang namanya menjadi Yee. Begitu pula saat membuat akun di media sosial Facebook, Y mengalami kesulitan.

"Saya daftar pakai nama Yeye dan baru bisa," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5867 seconds (0.1#10.140)